Mulai Serius Menulis Blog

8399714101_70b7644d03_k

Sudah hampir seminggu baca-baca tema blogging di internet. Ditengah-tengah kerjaan kantor yang sudah tidak lagi padat, saya coba mengisinya dengan browsing internet dan kedapatan tema tersebut.

Awalnya hanya ketidaksengajaan. Saya ingin cari tulisan dengan muatan ilmu untuk pengembangan diri. Ada blog bagus dan saya senang sekali membacanya. Namun, ada keseragaman pola yang saya lihat dari blog-blog tersebut. Mereka tidak hanya sekedar menulis tetapi juga memasarkan produk. Benar selama ini orang bilang. Blog bisa menjadi sarana untuk melakukan bisnis lewat internet.

Di blog orang membagi ilmunya secara gratis dan beberapa tips dikemas lebih detail untuk dijual. Saat ini, sudah banyak para blogger yang juga dengan senang hati membagikan produk  berbentuk E-book secara gratis ataupun berbayar.

Para blogger tersebut merupakan pakar berpengalaman di bidang tertentu. Mereka merupakan orang-orang dengan kelebihan diatas rata-rata. Padahal banyak dari mereka berusia masih sangat muda.

Mereka begitu unggul dengan pengetahuan. Pasti, mereka sangat gemar membaca dan salutnya lagi, mereka begitu apik dalam menulis. Timbul semangat dalam dada untuk mulai menulis di blog. Ingin seperti mereka :-).

Lagi-lagi musuh internal datang. Bisikan hati negatif selalu muncul. “Kenapa tak dari dulu saja saya memulai menulis di blog seperti ini? Du..du..duh…, sangat memblocking sekali kalimat-kalimat tersebut. Akhirnya yang muncul adalah jawaban-jawaban negatif. “Kalau mulai sekarang, kayaknya udah terlambat deh. Mungkin tidak banyak orang baca. Bisa tidak ya kita jalanin dan tekunin seperti para blogger itu? Tidak usah dijalanin aja kali ya??”

Bismillah saja. Just do it. OK, kita coba belajar dulu tanpa terpaku pada hasil. Seperti petani di sawah, bekerja baik dengan penuh semangat dan ilmu yang baik. Hasilnya panen melimpah pasti didepan mata. Sudah itu tawakal saja. Kita serahkan semua kepada Allah. Sang Maha Kuasa yang selalu sibuk mengatur alam dan ciptaannya.

Photo credit: Jimmy Brown

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s