5 Teknik Steve Jobs untuk Presentasi Memukau Anda

MacWorld Conference Opens In San Francisco

Para sahabat sekalian, mari sama-sama kita belajar bagaimana mendiang Steve Jobs menyampaikan presentasi dari awal hingga akhir secara lengkap.

Apa saja yang dilakukannya sehingga bisa menghadirkan presentasi yang sangat memukau?

Banyak ulasan para pakar perihal gaya presentasi mendiang Steve Jobs, tetapi saya mencoba untuk mengemasnya menjadi 5 teknik saja agar kita mudah memahami dan bisa selalu mengingatnya.

Mari kita mulai pelajari ke-5 teknik presentasi Steve Jobs tersebut.

1. Membangun Kedekatan dengan Audiens di Awal Presentasi

dsc_0168

Tahap pembukaan presentasi adalah tahap sangat penting dimana kita harus membangun secepat mungkin kedekatan dengan para audiens.

Ucapkan terima kasih kepada audiens atas kehadiran mereka dan berikan petunjuk umum perihal presentasi Anda.

Bila presentasi Anda harus dibuat menjadi beberapa bagian maka sampaikanlah hal tersebut ke audiens agar mereka tertarik untuk menyimak lebih lanjut dan tidak beranjak dari kursinya.

Steve Jobs selalu membangun kedekatan dengan audiens di awal presentasi. Pembukaan presentasinya tidak kaku dan Steve jobs selalu membuka presentasi dengan mengucapkan terima kasih serta tidak lupa memberikan petunjuk perihal tema yang hendak disampaikannya.

Contohnya:

“I got four things I’d like to talk about with you today. So let’s get started” 

“Today Apple is going to reinvent the phone”

Disinilah kepiawaian Steve Jobs. Anda perhatikan contoh kalimat pertama. Steve jobs hanya memberikan kata four things, tanpa memberikan rincian apa si four things tersebut? Pernyataan seperti itu akan mencuri perhatian audiens dan membuat mereka penasaran untuk tetap terus menyimak.

Pada contoh kalimat kedua, Steve Jobs juga memberikan tema yang mampu menarik minat audiens karena orang sangat ingin tahu apa yang dimaksud dengan reinvent the phone? Phone seperti apa yang akan dihadirkan oleh Apple?

So.., bila Anda seorang manajer penjualan misalnya dan hendak menyampaikan teknik terbaru dalam melakukan promosi maka Anda bisa mengawali presentasi dengan kalimat berikut:

“Selamat Pagi teman-teman semua. Terima kasih atas kehadiran Anda Semua, Hari ini saya akan menyampaikan cara mudah untuk mencapai target penjualan Anda dalam waktu satu minggu”

2. Penuh Antusias dalam Menyampaikan Presentasi

steve_jobs_keynote

Para audiens pasti akan merasa bosan dan “garing” bila mereka melihat Anda tidak antusias saat bercerita dan menyampaikan pesan. Bagaimana mengharapkan mereka untuk memperhatikan bila Anda sendiri tidak antusias, tidak semangat dan tidak ada energi dalam memberikan presentasi.

Lain halnya dengan mendiang Steve jobs. Dia selalu antusias dalam menyampaikan presentasi. Beberapa kata-kata berikut selalu diulang-ulang: incredible, extraordinary, awesome, amazing, revolutionary dan seterusnya saat dia mendeskripsikan kinerja perusahaannya, saat dia memperkenalkan nilai tambah produknya atau saat dia menyampaikan fakta bahwa produknya lebih unggul dari produk pesaing.

Anda pun harus demikian. Anda bisa mencari kata-kata Anda sendiri agar penuh antusias seperti Steve Jobs. Tampilkan passion Anda saat melakukan presentasi. Jangan datar, loyo dan tidak bersemangat.

3. Membuat Angka dan Grafik Lebih Bermakna

Ipod Growth 3

Teknik ini sudah pernah disampaikan dalam tulisan lalu perihal bagaimana cara Anda membuat angka dan grafik lebih bermakna dan berarti bagi para audiens.

Ingat kembali, kita tidak boleh hanya memberikan angka dan grafik begitu saja kepada audiens. Mereka adalah raja. Mereka belum tentu memiliki pengetahuan yang sama dengan Anda. Oleh karena itu, angka dan grafik Anda harus dibuat lebih bermakna. Bagaimana caranya?

Buat asosiasi dan analogi atas angka dan grafik Anda. Bila Anda berkata penjualan Anda naik 10%. Buatlah gambaran bahwa 10% itu adalah pencapaian yang sangat baik dengan melakukan perbandingan terhadap angka kompetitor, angka tahun lalu, atau angka rata-rata industri sejenis.

Pada kesempatan lain, buatlah angka dan grafik Anda lebih dimengerti dengan menganalogikannya ke dalam bentuk cerita, gambar dan istilah sehari-hari yang mudah dimengerti.

Lebih jelasnya, kiranya bisa  dibaca tulisan lalu disini atau melihat contoh-contoh presentasi Steve Jobs di you tube.

4. Membuat Presentasi Lebih Visual

Steve-Jobs-Excellent

Anda tentu pernah melihat papan reklame besar saat berkendaraan di tengah jalan tol. Saya yakin, Anda bisa dengan cepat menangkap pesan dari papan reklame tersebut tanpa menggangu konsentrasi mengemudi Anda.

Nah, konsep slide presentasi seperti papan reklame harus kita pelajari. Steve Jobs sangat piawai dalam membuat slide agar para audiens bisa menangkap pesan dengan cepat, tetapi tetap memperhatikan dan mendengarkan perkataannya.

Steve Job terkadang malah tidak butuh slide, tetapi menggantinya dengan demo langsung. Contoh, Steve Jobs pernah menampilkan arti “tipis” laptop MacBook Air hanya dengan mengeluarkan laptop tersebut dari sebuah amplop coklat.

Anda tentu tidak akan banyak bertanya lagi bila Steve Jobs berkata lap top MacBook Air adalah laptop paling “tipis” di dunia dan untuk memberikan arti “tipis” itu dia menampilkannya dengan cara yang luar biasa.

MacBook Air Presentation - YouTube_4 MacBook Air Presentation - YouTube_5

Dahsyat, apa yang dilakukannya. Tekniknya mampu membuat orang melihat dengan begitu antusias, begitu terkesima dan begitu mudahnya menerima pesan cepat masuk kedalam memori mereka.

Ayo, kita bisa mencontoh dan mengeksplorasi teknik Steve Jobs ini dengan gaya kita sendiri. Hadirkanlah pertunjukkan dalam presentasi Anda.

Teknik membuat slide lebih visual akan kita bahas satu persatu dalam tulisan-tulisan selanjutnya. Namun, bila Anda sangat ingin cepat-cepat maka Anda bisa belajar bagaimana membuat slide presentasi kelas dunia itu disini.

5. Mengakhiri Presentasi dengan Memukau

steve-jobs-one-more-thing

Bagian akhir juga tidak kalah penting karena dibagian inilah Audiens akan kembali memberikan perhatian besar. Untuk itu, sampaikanlah kesimpulan dari presentasi Anda dan berikan kalimat aksi atau tindakan apa yang Anda inginkan dari para audiens.

One more thing…“. Steve Jobs biasanya akan memberikan satu pertunjukkan tambahan di akhir presentasinya. Hal ini dilakukan untuk memberikan bonus ke para audiens agar mereka bisa selalu ingat dan segera melakukan aksi.

Sesuaikan kalimat penutup Anda dengan tujuan presentasi. Anda mungkin tidak perlu seperti Steve Jobs, tetapi mengutip beberapa kalimat pengingat seperti perkataan orang terkenal, perkataan ahli pemasaran ataupun sekedar peribahasa singkat bisa saja dilakukan.

Kembali ke contoh Sales Manager diatas, kata penutup bisa diucapkan menjadi sebagai berikut.

“Demikian para teman sekalian. Cara yang saya sampaikan tadi untuk mencapai peningkatan target penjualan telah terbukti efektif. Sekarang giliran anda untuk mencoba teknik tersebut. Cobalah untuk memulai dan tidak perlu takut untuk gagal sebab seperti pepatah bilang kegagalan adalah sukses yang tertunda. Jika anda gagal maka bersiaplah untuk bangkit dan meraih sukses kembali. Silahkan dicoba teknik tersebut. Terima kasih atas perhatian teman-teman semua”

Demikian ke-5 teknik Steve Jobs tersebut. Mari kita ingat sekali lagi : 1) bangun kedekatan dengan audiens di awal presentasi, 2) lakukan presentasi dengan antusias, 3) buatlah angka dan grafik lebih bermakna, 4) buatlah slide lebih visual dan 5) tutuplah presentasi Anda dengan memukau.
Sebenarnya masih ada satu rahasia lagi dari Steve Jobs untuk Anda. Rahasia tersebut adalah “Rehearse, Rehearse and Rehearse“. Orang seperti Steve Jobs saja mau melakukan latihan dengan intensif berulang kali sebelum tiba hari untuk melakukan presentasi. Kenapa Anda tidak mau melakukannya? Selamat mempratekkannya teman-teman.

10 thoughts on “5 Teknik Steve Jobs untuk Presentasi Memukau Anda

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s