Teknik Disiplin dalam Perubahan Diri

New Life

Bagaimana agar bisa terus menerus disiplin dalam melakukan sesuatu? Apakah benar susah dan membutuhkan kerja keras untuk melakukannya? Adakah cara mudah dan praktis yang bisa digunakan dengan mudah?

Dari baca-baca berbagai artikel untuk pertanyaan ini, sepertinya 2 (dua) teknik berikut bisa diingat dan dipraktekkan.

1. Vision Board

Teknik pertama adalah Vision Board.

Vision Board berisi cita-cita dan segala harapan Anda dalam bentuk gambar yang bisa Anda buat disain sendiri.

Vision Board mirip seperti Dream Book (buku impian). Bedanya, Vision Board menempatkan semua impian Anda itu dalam satu halaman yang bisa Anda pasang dan lihat dimanapun dan kapanpun juga.

Berikut ini contoh dari Vision Board dari bizfilling.

VisionBoard

Zaman dulu, orang mungkin membuatnya dengan memotong foto-foto dari koran atau majalah. Zaman sekarang semua sudah tersedia dan Anda bisa mudah membuatnya dengan bantuan program tertentu.

Apalagi sudah banyak situs-situs penyedia gambar berkualitas tinggi untuk Anda download dan gunakan dalam mendesain Vision Board Anda sendiri.

Lihatlah selalu Vision Board Anda, saat Anda merasa lelah dan tidak termotivasi untuk melakukan sesuatu.

Kalau kata pak Syafii Antonio mah, “if it is IMPORTANT to you, you will find a way. If Not, you will find an excuse”. Moga-moga rasa malas bisa hilang dan Anda kembali disiplin.

2. Modelling atau Benchmark

Teknik kedua adalah memodel idola.

Anda tentu punya idola. Bisa orang tua Anda, pengusaha sukses, guru, CEO perusahaan Multi National, kepala negara, selebriti dan banyak lagi deh pokoknya.

Coba deh, Anda pikirkan atau bayangkan bagaimana idola Anda tersebut melakukan kedispilinan saat mereka berhadapan dengan rasa malas.

Contohlah mereka dan coba bayangkan tindakan apa yang mereka lakukan saat dihadapkan pada suatu hambatan dalam mencapai sukses. Apa idola kita lakukan bila dihadapkan pada rasa malas?

Teknik modelling juga bisa dilakukan dengan melakukan peran harian seakan-akan Anda adalah idola Anda.

Lakukan penelitian tentang idola Anda lebih detail lewat membaca, mengikuti kegiatan hariannya, bertanya langsung lewat email, twitter, FB atau melihat liputannya di radio dan televisi.

Gunanya agar Anda mengetahui dengan benar seperti apa idola Anda melakukan aktivitas hidupnya.

Layaknya seorang pemain film maka Anda pun berusaha membuat skenario Anda seperti kehidupan nyata idola Anda. Kemudian, Anda perankan apa yang selalu dilakukan oleh idola Anda itu dalam kehidupan sehari-hari Anda dengan sunguh-sungguh.

Moga-moga cara ini pun berhasil.

Dan, khusus sahabat muslim, tentunya sudah ada dong model dan idola yang sangat-sangat baik untuk di contoh, yakni Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Pasal mana Al Qur’an (Surat Al Ahzab: 21) sudah dengan jelas menyatakan bahwa : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu uswatun hasanah (suri teladan yang baik) bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

Demikian teman dan sahabat semua. Semoga bermanfaat dan ayo kita coba bersama ya.

23 thoughts on “Teknik Disiplin dalam Perubahan Diri

  1. saya bukan tipe orang yang suka membaca namun dengan semua tulisan pak deden saya baca sampai habis….knp bisa bgt? entahlah, mungkin tulisan yang mudah dipahamin dan langsung mengena, terlebih saya memang lagi mempelajari pengetahuan tentang pengembangan diri… kita tidak akan bisa maju sebelum kita mengenali, mengetahui, segala potensi diri… itu kenapa orang pernah gagal biasanya bisa sukses krn mereka diberi waktu introspeksi diri dan mencari tau dari diri sendiri kenapa bisa gagal..

  2. Dahsyat pak, saya suka pembahasan pd contoh nyata ketika bermalas-malasan dan visionboard yg inspiring. helpfull!

  3. Trimakasih artikelnya smoga bisa bermanfaat buat saya. Dan sukses buat admin yng sudah membuat blog yng cukup bermanfaat. Trimakasih.

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s