Tips Richard Branson

4603341525_7b9b30526c_b

Sir Richard Branson, Chairman dan Founder Virgin Group memiliki gaya kemimpinan yang unik. Gaya nyentrik dan kadang disertai dengan sensasi telah membuatnya menjadi orang terkaya di dunia. Seorang pengusaha British yang lahir dengan disleksia, tetapi mampu memiliki 400 perusahaan hingga saat ini. Ilmu kepemimpinan dan manajemennya diakui diperoleh hanya dari bekerja, berusaha mencoba, gagal, belajar dan bangkit kembali.

Beberapa buku perihal pengalaman hidup, manajemen, kepemimpinan dan bisnis telah ditulis dan diterbitkannya. Beliau pun termasuk pengusaha yang aktif menulis di blog pribadinya. Anda bisa mengenalnya lebih jauh dengan mengunjungi blognya nanti.

Hal membuat saya tertarik adalah prinsipnya yang memperhatikan keluarga dan orang lain dengan menjadi pendengar yang baik. Terbukti bahwa pemimpin baik itu dimana-mana memang memiliki kemampuan menjadi pendengar yang baik (lihat lagi tips Charlos Ghosn) .

Cukup kaget juga membaca bahwa dia tidak begitu suka presentasi detail dan panjang lebar. Bahkan presentasi Steve Jobs saja belum pernah dia lihat. Prinsipnya sederhana. Dia lebih mengutamakan komunikasi dengan berdialog dan tatap muka.

Baiklah sahabat semua, tanpa panjang lebar lagi, saya tertarik untuk menulis 3 nasehat pak Richard Branson untuk Anda kali ini. Ketiga nasehat ini bersifat universal dan bisa kita terapkan mulai detik ini juga.

1. Luangkanlah Waktu Untuk Pengembangan Diri

Pak Richard Branson memiliki kebiasaan untuk selalu meluangkan waktu melakukan hal-hal bermanfaat seperti membaca, mempelajari hal baru, menciptakan ide baru, mencari jalan keluar serta tentu saja berkhayal.

Anda dan saya mungkin sudah meluangkan waktu untuk membaca dan mempelajari hal baru, tetapi meluangkan waktu untuk berpikir kreatif dan berkhayal positif rasanya belum ya. Sudah saatnya lah kita meluangkan waktu seperti ini.

Dalam salah satu inteviu di majalah Inc. pak Richard bilang. “Anda tidak bisa meraih sesuatu bila tidak pernah bermimpi. Anda harus memiliki big dreams dan lakukan aksi untuk mewujudkan mimpi Anda. Buatlah itu menjadi mungkin”. Membaca ini saya jadi ingat tulisan perihal bermimpi dan mengapai mimpi yang mana pak Ustad Yusuf Mansur pun memberikan nasehat yang sama disini.

Mungkin para sahabat semua sudah tahu bahwa pak Richard telah mendirikan perusahaan Virgin Galactic untuk memulai penerbangan wisata ke antariksa dimana ratusan orang sudah mendaftar menjadi penumpangnya? Dan coba terka, ini semua beliau bilang bermula dari mimpi.

2. Berkaryalah Dengan Suka dan Penuh Cinta

Anda harus memulai sesuatu karena rasa suka dan senang untuk melakukannya. Bila sudah seperti itu mulai saja tidak perlu ragu dan takut gagal atau berkata tidak bisa.

Pak Richard bilang, ”If you recognise something is a good idea, or if there is something in your personal life that you want to do, but are not immediately sure how to achieve your goal, I do not believe that that little word ‘cannot’ should stop you. If you do not have the right experience to reach your goal, go in another direction, look for a different way in.

Bila Anda sudah menyatakan bahwa ini sesuatu yang baik untuk dikerjakan maka tidak ada kata tidak bisa. Bila Anda tidak punya pengalaman untuk meraih target itu maka carilah cara lain. Banyak cari lain yang bisa dilakukan.

Kemudian bila Anda jadi bos nanti, buatlah tempat kerja Anda menjadi menyenangkan untuk orang lain di sekitar Anda. Saya jadi ingat perkataan Pak Tung Desem Waringin bahwa agar tidak menunda dan bosan maka proses-nya harus kita buat menyenangkan dan untuk membuatnya menyenangkan maka kita harus kreatif. Ciptakanlah kreatifitas, kesenangan dan keceriaan dalam bekerja.

3. Buatlah Setiap Waktu Lebih Menyenangkan 

You only live once, and I just do not want to waste a minute of my life”, hidup hanya sekali jadi jangan disia-siakan, begitu kata Pak Richard. Coba lakukan sesuatu yang baru dan menantang sekali-sekali Kumpul dengan keluarga, bertemu dengan orang-orang baru menjalin relasi yang having fun lah.

Bikin hidup lebih hidup dan jangan menunda untuk bahagia, begitu barangkali pesannya. Satu kata yang bisa mewakili adalah bersyukur. Dunia ini penuh dengan keindahan jangan terlalu banyak pikiran, enjoy dan bersyukurlah selalu biar bisa jadi orang beruntung seperti tulisan lalu disini.

Masih banyak yang bisa kita pelajari dari Richard Branson, tetapi 3 hal ini yang mengugah perasaan dan meningkatkan kembali motivasi saya. Semoga bisa menginspirasi para sahabat semua. Terima kasih bila berkenan memberikan komentar atau berbaginya dengan yang lain.

Photo credit by: D@lY3D Abdelmaksoud

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s