Resep Sederhana Presentasi Hebat

7534287902_a3ba8bf589_c

Presentasi sebenarnya merupakan bentuk komunikasi antara Anda dan audiens dengan bantuan media. Bentuk komunikasi seperti ini bisa bertujuan untuk sekedar memberikan informasi atau membujuk audiens melakukan aksi tertentu. Media bantunya bisa macam-macam dan yang paling sering kita jumpai tentunya adalah slide.

Orang sering terjebak pada pendapat bahwa untuk bisa melakukan presentasi hebat syarat utama ada di slide yang indah. Ternyata, slide bukan faktor utama. Terlalu fokus pada slide tanpa memperhatikan faktor lain tidak membuat presentasi Anda jadi lebih baik.

Banyak pembicara terkenal dari dalam dan luar negeri mampu melakukan presentasi tanpa harus menggunakan slide. Mereka bisa membuat audiens mencurahkan perhatian penuh meskipun tanpa slide. Kenapa mereka bisa seperti itu? Jawabannya karena mereka punya kemampuan untuk bercerita.

Bercerita merupakan salah satu kemampuan hebat yang harus dimiliki oleh Anda dan saya, tetapi kadang kita berkata bahwa kemampuan bercerita itu ada karena faktor bawaan lahir. Orang pendiam dari kecil pasti tidak akan mampu bercerita apalagi harus bercerita di hadapan orang banyak. Padahal biar kita bisa bercerita kuncinya ternyata ada dipersiapan dan latihan. Anda akan bisa bercerita bila banyak meluangkan waktu untuk melakukan persiapan dan latihan.

Pada suatu kesempatan, saya pernah melakukan presentasi di kantor dengan menggunakan slide yang sudah didesain indah layaknya billboard di pinggir jalan tol. Sayangnya, saya tidak banyak melakukan latihan. Akibatnya, penyampaian presentasi menjadi tidak natural. Banyak filler words “mmm…eengg…ehh…” dari cara bicara saya.

Bahasa tubuh jadi tidak luwes, tidak ada kontak mata dan tidak ada variasi vokal. Hasilnya, audiens tidak antusias terhadap presentasi saya walaupun mereka mengakui slide presentasi saya bagus.

Itu semua terjadi karena saya tidak memikirkan apa yang mau disampaikan saat presentasi nanti dan tidak ada latihan yang diulang-ulang sebelum hari pelaksanaan.

Di kesempatan lain, saya pernah melakukan presentasi cuma dengan slide bullet points tanpa  keindahan sama sekali, tetapi saya hadir dengan persiapan yang baik. Saya pikirkan mau bercerita apa nanti. Ilustrasi apa yang akan disampaikan jauh-jauh hari sudah didesain dan dilatih berulang-ulang. Alhamdulillah, respon yang didapat cukup baik.

Nah dari pengalaman-pengalaman presentasi kecil-kecilan dikantor ini ditambah dengan searching ilmu di internet, bisa disimpulkan resep utama yang harus Anda dan saya miliki agar bisa baik dalam melakukan presentasi itu sebenarnya sederhana saja.

Pertama. Persiapan presentasi harus baik. Apa yang mau kita sampaikan dan informasi apa yang kita miliki serta bagaimana mengemasnya harus didesain dari awal. Bagaimana melakukan pembukaan, menceritakan isi materi dan menutup presentasi harus jelas alurnya. Perhatikan durasi presentasi Anda karena berdasarkan penelitian konsentrasi audiens hanya bertahan dalam 10 menit. Anda harus atur scenario agar tetap bisa menarik perhatian audiens bila ternyata butuh waktu lebih lama. Bila Anda sangat ingin belajar perihal ini semua maka Anda dapat belajar bagaimana membuat slide presentasi kelas dunia itu disini.

Kedua. Penyampaian presentasi juga harus baik. Gunakan pendekatan storytelling yang sudah pasti ampuh karena semua audiens dimanapun sangat menyukai cerita. Slide indah dengan data dan informasi menarik bukan faktor utama kalau Anda tidak bisa memberikan cerita sebagai ilustrasinya. Tambahkan pengulangan kata, paralanguage, kontak mata dan bahasa tubuh yang baik agar presentasi Anda bisa lebih hidup dan natural. 

Ketiga. Latihan dan evaluasi harus dilakukan. Syarat utama ini kadang tidak kita penuhi dan kita anggap tidak perlu. Padahal ini resep yang harus dilakukan agar presentasi Anda hebat. Seorang presenter hebat harus bisa mengemas data dan informasi itu menjadi sesuatu yang akan menyebabkan audiens seperti terhipnotis mau mendengar bahkan mau melakukan aksi. Ini hanya bisa dilakukan bila Anda banyak berlatih.

Hal ini diperkuat oleh Nancy Duarte, pakar presentasi dunia. Beliau bilang seorang presenter hebat adalah orang yang pandai menghadirkan data dan  informasi dengan menarik lewat cerita. Mereka pandai mengemas itu semua sesuai dengan tujuan presentasi dan keinginan para audiens.

Hal ini dilakukan Steve Jobs seperti yang pernah kita bahas dalam tulisan perihal presentasi Steve Jobs disini. Beliau mempresentasikan data, angka, informasi, dan produk dengan piawai sehingga bisa menghujam ke dalam memori audiens lebih cepat dan tahan lama. Anda tahu rahasia utamanya? Banyak melakukan latihan sebelum hari pelaksanaan. Semakin tinggi jam terbang Anda akan tahu sendiri berapa intens latihan harus dilakukan agar presentasi Anda jadi hebat.

Tidak susahlah kalau cuma buat presentasi dikantor, kecuali bila Anda harus memberikan presentasi di hadapan audiens tertentu pastilah langkah-langkah persiapan harus lebih detail, tapi buatlah itu semua menjadi sesuatu yang sederhana dan dapat diingat. Tentu saja selain dari itu dan yang terpenting adalah Anda harus punya passion saat menyiapkan dan menyampaikan presentasi. Passion yang akan membuat Anda terhubung dengan audiens.

Demikian teman-teman. Semoga bermanfaat biar kita bisa jadi presenter hebat. Bila berkenan memberikan tambahan atau komentar sangat berarti sekali. Silahkan juga untuk men-share-nya bila Anda berkenan.

Photo credit: ImageCup’s

3 thoughts on “Resep Sederhana Presentasi Hebat

  1. Pingback: Cara Melakukan Kontak Mata saat Public Speaking | The Leader is YOU

  2. Pingback: Resep Sederhana Presentasi Hebat - Usum News

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s