3 Ciri Pemimpin Abad 21

2991194796_9d8c367c57_b

Dihadapkan pada era global sekarang ini dimana informasi begitu cepat dan transparan. Batasan semakin hilang dan era digital yang semakin berkembang. Apakah yang dilakukan di setiap perusahaan mampu menghasilkan pemimpin yang bisa menghadapi tantangan itu semua?

Hasil penelitian Roselinde Torres, salah seorang partner perusahaan konsultasi dunia, terhadap 4,000 perusahaan memperlihatkan bahwa hampir setengahnya gagal mempersiapkan pemimpin-pemimpin yang siap menghadapi tantangan tersebut dengan baik.

Selama 25 tahun mengeluti pekerjaan profesionalnya, bekerja di perusahaan Fortune 500 dan memberikan konsultasi kepada lebih dari 200 CEO, Roselinde Torres melihat masih ada pemimpin yang mudah gagal dalam kinerjanya meskipun dia sudah bekerja dengan baik sebelumnya.

Roselinde juga melihat masih ada pemimpin yang tidak mampu menghadapi perubahan sehingga kadang membuat unit bisnisnya harus diperkecil.

Dan ada juga yang merasa bahwa perusahaan yang salah, tidak memberikan dirinya kesempatan untuk menjadi pemimpin yang baik.

Paling tidak dua pertanyaan berikut selalu membuat Roselinde risau:

1. kenapa terjadi kesejangan pemimpin yang mampu meraih sukses dalam situasi apapun?

2. bagaimana sesungguhnya pemimpin yang besar itu menghadapi semua tantangan dan mencapai kesuksesan?

Dari hasil pengembaraannya dan mendalami karakteristik para pemimpin di seluruh dunia, Roselinde akhirnya sampai pada 3 ciri berikut:

Ketiga ciri tersebut adalah:

1. Bagaimana kesiapan dan kemampuan Anda dalam menghadapi perubahan?

Jawaban perihal hari ini tergantung dari kegiatan yang Anda lalukan setiap hari dalam melakukan pengembangan diri.

Apakah yang sudah Anda pelajari, Anda baca, dan Anda lakukan untuk selalu siap menghadapi perubahan?

2. Bagaimana kapasitas Anda dalam menjalin konektivitas dengan siapapun dari golongan apapun dalam kehidupan Anda?

Jawaban perihal ini amat sangat tergantung dari apakah Anda sudah memiliki kemampuan untuk bisa “connect” dengan siapapun.

Anda mampu menjalin dan menjaga hubungan baik dengan siapapun. Atasan, bawahan, rekan sejawat, bawahan rekan sejawat, orang lain diluar kantor bahkan office boy sekalipun.

Great leaders pentingnya hubungan ini. Dan, tidak itu saja, mereka mampu membuat semua orang yang berbeda-beda itu menaruh kepercayaan untuk bekerjasama mencapai tujuan.

3. Bagaimana keberanian Anda untuk tidak terikat pada pengalaman dan kesuksesan masa lalu?

Ciri terakhir ini mengartikan bahwa pengalaman Anda belum tentu akan membawa Anda pada pencapaian brilian karena, pengalaman cenderung tidak fleksibel dan amat resistant terhadap perubahan. Hal ini didukung oleh hasil riset lainnya yang sesungguhnya sudah pernah kita bahas dalam tulisan lalu disini.

Jadi siapa pemimpin yang akan baik di abad 21?

Mereka adalah yang tidak lagi sekedar mempersiapkan diri menghadapi sesuatu yang bisa diprediksi dari pengalaman masa lalu, tetapi mereka juga juga selalu mempersiapkan diri untuk menghadapi kenyataan hari ini dan esok hari yang belum bisa diprediksikan.

Begitu kata-kata penutup presentasi Roselinde di TED.

Banyak contoh, kita bisa lihat siapa para pemimpin dan calon pemimpin saat ini yang punya ciri-ciri tersebut. Yang jelas, semua itu ada pada diri Muhammad SAW. Salawat dan Salam selalu tercurah untuk Beliau dan keluarganya.

Terus bekerja dan berkarya karena setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Semoga membawa manfaat selalu khususnya buat Saya dan Anda semua.

Photo credit: elPadawan

2 thoughts on “3 Ciri Pemimpin Abad 21

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s