Pilih Diam atau Melangkah saat Anda Melakukan Presentasi?

6744035605_edec7fbff5_z

Ada hal menarik yang menjadi pertanyaan saat melakukan presentasi, yaitu apakah Anda harus diam saja berdiri di satu titik ataukah Anda harus bergerak dan melangkah dari satu titik ke titik lainnya agar para audiens memperhatikan Anda?

Yang menarik perihal pertanyaan tersebut adalah kapan dan bagaimana Anda harus bergerak? Ada tidak formula tertentu dalam melangkah dan bergerak saat melakukan presentasi?

Ternyata tidak ada.

Anda tidak harus bergerak kalau memang tidak perlu bergerak karena yang harus diperhatikan pertama kali adalah perihal bagaimana jarak Anda dengan audiens Anda. Bila jarak Anda dengan audiens sudah mampu menciptakan kedekatan, ya sudah diam di tempat pun tidak jadi soal.

Dalam zona tersebut, Anda tinggal menjaga posisi berdiri Anda, mengaktifkan kontak mata, gerakan tangan dan RTPPV agar presentasi Anda baik.

Contoh bagus bisa Anda lihat dari presentasi yang dilakukan oleh Sir Ken Robinson saat berbicara di depan publik dalam video berikut.

Terlihat jelas tanpa harus bergerak dan berpindah-pindah tempat, Sir Ken Robinson mampu memukau para audiens-nya. Padahal panggung tempat dia berbicara cukup lebar dan para audiens ada yang di depan, di kanan, di kiri tersebar cukup merata.

Apakah Anda masih penasaran? Masa si Anda harus diam saja di tempat Anda berdiri? Bukannya melangkah dan bergerak akan membuat pesan Anda menjadi lebih diingat oleh para audiens?

Ya, kalau masih penasaran juga dan Anda lebih nyaman kalau bergerak maka Anda bisa pakai tips berikut perihal kapan Anda harus bergerak:

1. Anda bergerak untuk memvisualisasikan cerita Anda.

Bila Anda bercerita perihal masa lalu dan masa kini, misalkan, maka Anda bisa bergerak ke kiri dan ke kanan menggambarkan masa lalu dan masa kini. Atau saat Anda bercerita perihal masuk dan keluar ruangan atau apapun itu maka Anda juga bisa melangkah dan bergerak untuk memvisualisasikannya.

2. Anda bergerak untuk menampilkan dialog beberapa karakter dalam cerita Anda.

Anda bisa melangkah dan bergerak dari satu sisi ke sisi lain nga perlu jauh-jauh untuk memvisualkan karakter dalam cerita Anda. Biasanya para ahli comics mahir melakukan hal seperti ini.

3. Anda bergerak untuk memberikan penekanan pada pesan Anda.

Misalkan, Anda punya 3 point untuk disampaikan maka Anda bebas untuk menjelaskannya dengan cara melangkah dan bergerak. Anda bisa bergerak ke kiri lalu diam sesaat untuk menyampaikan point pertama Anda. Anda kemudian bergerak ke tengah untuk menyampaikan point Anda berikutnya. Setelah itu, Anda bergerak ke kanan untuk menyelesaikan point ketiga Anda. Baru setelahnya, Anda balik lagi ke tempat awal Anda.

Jalannya pelan-pelan apa cepet-cepet? Tergantung pesan yang ingin disampaikan. Mengalir saja dengan santai dan natural. Banyak latihan menjadi modal.

Namun, sekali lagi sepertinya hal tersebut bukan patokan kaku deh. Contohnya, Anda bisa lihat dari gaya mendiang Steve Jobs berikut ini. Dia menyampaikan pesan dengan bergerak secara alami dan tampak sangat profesional sekali tanpa harus terpaku pada point yang ingin disampaikan.

Yang terpenting adalah Passion atau seberapa antusiasnya Anda dalam menyampaikan pesan. Dengan Passion semua kendala bisa diatasi. Nerveous Anda bisa hilang dan Anda menyatu dengan pesan Anda.

Anda mau aktif bergerak juga boleh sepanjang Anda mampu menampilkannya dengan baik. Contohnya, Anda bisa lihat gaya presentasi Michael Port berikut yang begitu dinamis.

So…, tidak perlu kuatir lagi dengan bagaimana Anda harus melangkah dan bergerak. Anda mau pakai cara Sir Ken Robinson, mendiang Steve Jobs atau Michael Port silahkan saja, yang penting dilatih dan banyak berlatih.

Alhamdulillah. Saya dapat ilmu lagi ni. Semoga Bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Salam untuk Anda sahabat semua.

Photo credit: Jeffmol

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s