Tips Bahasa Tubuh Karismatik

5049806873_7326d1e6e1_z

Belajar bahasa tubuh karismatik itu lebih asyik kalau Anda bisa lihat langsung kayak apa contohnya. Pada siapa Anda bisa lihat contohnya? Salah satunya dan tentu saja Anda bisa lihat contoh-contohnya dari bagaimana bahasa tubuh para presiden dan kepala negara.

Para presiden dan kepala negara biasanya memang memiliki bahasa tubuh karismatik yang bisa Anda pelajari, dan kali ini Anda akan belajar bahasa tubuh karismatik tersebut dari Bill Clinton, salah seorang mantan presiden Amerika Serikat.

Kenapa Bill Clinton yang dipilih? Ide awalnya sederhana saja. Kalau Anda masukkan kata kunci “the charismatic president” di mbah google, maka nama presiden Ronald Reagan dan Bill Clinton biasanya akan selalu muncul di hasil pencarian.

Lalu kenapa harus Bill Clinton yang dipilih bukan Ronald Reagan? Karena pembahasan perihal bahasa tubuh Bill Clinton lebih banyak contohnya dibandingkan Ronald Reagan. Disamping itu, contoh-contohnya juga mudah untuk Anda pahami. Itulah kenapa pilihan jatuh pada Bill Clinton. Yah, namanya juga belajar kan bisa dari siapa saja.

Paling tidak dari semua pembahasan perihal bahasa tubuh Bill Clinton, ada 2 hal menarik yang membuat Bill Clinton dianggap memiliki pesona bahasa tubuh karismatik. Apa sajakah itu?

Keramahan

Yang pertama adalah keramahan.

Setiap orang yang berbicara dengan Bill Clinton begitu ditanya kesan-kesannya akan menjawab bahwa mereka merasakan keramahan. Mereka merasakan kehadiran fisik, perasaan dan pikiran Bill Clinton saat mereka berbicara dengannya. Mereka merasa seolah-olah hanya mereka saja yang berbicara berdua. Padahal banyak orang lain juga yang hadir saat itu.

Bagaimanakah bahasa tubuh yang menunjukkan keramahan itu? Sikap tubuh terbuka, senyum tulus, anggukan kepala, dan kontak mata natural adalah isyarat bahasa tubuh yang menunjukkan keramahan. Tentunya kita sudah pernah membahasnya detail perihal ini di tulisan lalu disini. Anda bisa membacanya kembali bila berkenan.

Kedekatan Personal

Yang kedua adalah kedekatan personal.

Setiap Anda punya zona nyaman tertentu dimana Anda akan merasa tidak nyaman bila ada orang lain yang masuk dalam zona tersebut.

Itu mengapa Anda pun akan menjaga jarak dengan orang tertentu yang baru Anda kenal. Ada jarak tertentu yang Anda jaga. Terlalu jauh nga enak apalagi terlalu dekat. Bisa dianggap sok kenal dan sok dekat.

Menurut Michael Ellsber, motivator dan penulis buku ternama, bahasa tubuh berikut bila Anda lakukan dengan tepat bisa menciptakan kedekatan dengan orang lain tanpa harus membuat mereka terasa terganggu, yaitu:

  • Kontak mata natural dengan teman bicara Anda
  • Posisi badan yang langsung berhadapan
  • Menyentuh tangan, bahu atau pundak
  • Mengeraskan sedikit suara Anda

Bill Clinton sangat pandai dalam mengkombinasikan 2 atau 3 bahasa tubuh tersebut sehingga pesona karismatik tersebut bisa dia tampilkan. Dia bisa masuk ke zona nyaman Anda tanpa menganggu kenyamanan Anda.

Penasaran dengan bagaimana Bill Clinton melakukan kedua hal tersebut diatas?

Silahkan, Anda bisa belajar dari video berikut. Video yang banyak dibahas oleh para ahli bahasa tubuh perihal bagaimana Bill Clinton menjawab pertanyaan dari seorang hadirin dalam suatu debat presiden dengan George Bush sebagai pembanding di tahun 1992.

Perhatikan bahwa George Bush sudah dianggap kalah dalam debat tersebut hanya karena bahasa tubuhnya tidak ramah. Perhatikan juga bagaimana Bill Clinton sangat piawai dalam memberikan jawaban dengan keramahan dan kedekatan yang baik.

Bush melirik jam sebelum pertanyaan seolah-olah dia ingin acara cepat selesai. Bush terkesan tidak mendengarkan pertanyaan karena si penanya harus mengulang pertanyaannya beberapa kali. Bush pun terkesan tidak sabar, sedikit emosional dan ingin cepat-cepat selesai menjawab. Tidak ada kontak mata saat dia menjawab pertanyaan. Tidak jelas dia meminta klarifikasi pertanyaan ke siapa dan menjawabnya ke siapa.

Beda dengan Bill Clinton. Dia tahu betul bagaimana untuk hadir dan menjawab pertanyaan tersebut. Dengan santun dia maju ke depan mencari zona nyaman dari si penanya, sambil mengeraskan sedikit suaranya. Clinton lalu menjawab dan memberikan penjelasan dengan menjaga kontak mata dan suaranya secara natural. Dia berikan perhatian dan dia berikan keramahan.

Bagaimana para sahabat semua? Asyik dan banyak yang kita bisa pelajari dari hal tersebut ya.

Sesungguhnya kita pun bisa belajar bagaimana bahasa tubuh karismatik itu dari orang asli Indonesia. Putra terbaik Indonesia. Siapakah beliau?

Ya siapa lagi kalau bukan mendiang Ir. Soekarno tokoh proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia yang begitu mempesona saat hadir dimanapun juga. Bayangkan, teknik orasi-nya saja diakui dunia apalagi kalau cuma bahasa tubuh karismatik, tentu beliau miliki itu semua.

Silahkan Anda lihat bagaimana karismatiknya beliau saat kunjungan ke negara sahabat di video berikut dan lihat bagaimana mereka memperlakukannya.

Demikian pembahasan perihal bahasa tubuh karismatik kali ini. Semoga berkenan di hati.

Photo credit: Anokarina

 

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s