Tips Melucu Ala Stand Up Comedy

3664587289_825e644e5f_z

Stand up comedy itu berbeda dengan komedi yang biasa sering kita lihat di televisi. Ada pakem-pakem atau teknik khusus yang harus diketahui untuk bisa melakukan stand up comedy oleh karenanya tidak semua pelawak bisa melakukan stand up comedy.

Anda tentu sering menyaksikan seorang comics membawakan stand up comedy, tetapi apakah Anda memperhatikan teknik khusus tersebut?

Satu keunggulan dari stand up comedy adalah Anda bisa melucu tanpa harus melucu-lucukan diri Anda, gaya bicara Anda, gerakan tubuh Anda atau dialek Anda. Syaratnya, Anda harus tahu dulu salah satu teknik dasarnya.

Banyak para pembicara publik terkenal seperti Ippho Santosa dan Felix Siauw pernah melakukan teknik dasar tersebut. Apakah mereka tahu kalau itu adalah teknik stand up comedy atau bukan? Menjadi rahasia mereka tentunya.

Paling tidak Anda pun bisa melakukannya di dalam bicara Anda atau saat memberikan publik speaking di mana saja untuk menjaga agar Audiens tetap segar dan memperhatikan Anda.

Berikut contoh yang masih saya ingat meskipun tidak persis sama dari contoh bagaimana Ippho Santosa dan Ustadz Felix Siauw menyajikan teknik dasar stand up comedy saat presentasi mereka di suatu seminar:

Contoh Ippho Santosa:

Saya pernah diwawancarai oleh salah satu stasiun televisi di Amerika. Berikut videonya (tampilan video)…

Nah itulah saya meskipun dengan Bahasa inggris yang seadanya tapi berhasil diwawancarai oleh salah satu televisi disana.

Itu dulu, sekarang toefl saya sudah 550. Score toefl minimum yang dibutuhkan 550 kan? Ya, toefl saya sudah 550 sekarang.

Tapi itu bertiga sama nilai teman-teman saya…(hehehe)

Contoh Felix Siauw:

Yang paling enak itu adalah punya wajah pas-pasan bapak ibu sekalian.

Pas-pasan tidak terlalu ganteng tidak terlalu jelek.

Kayak saya ini. Punya wajah pas-pasaan.

Pas-pasan kayak Tao Ming Se. Hehehe…

Setup dan Punch Line

Stand up comedy mengenal istilah setup dan punch line. Apa itu setup dan punch line?

Setup adalah kalimat-kalimat pembuka atau pengantar perihal satu tema. Biasanya hanya sekedar pernyataan berupa fakta atau informasi yang bisa begitu serius ditanggapi oleh para audiens.

Punch line adalah kalimat pamungkas yang akan membuat para audiens tersenyum atau bahkan tertawa terpingkal-pingkal karena disitulah fakta diputar balikan, serius jadi tidak serius, benar dan salah jadi tidak jelas karena kelucuan yang dihadirkan.

Perhatikan kalimat terakhir Ippo Santosa, “score toefl minimum 550, tapi bertiga sama teman saya“. Dan, kalimat terakhir Felix Siauw, “pas-pasan kayak Tao Ming Se “.

Kalimat-kalimat itulah yang dimaksud sebagai punch line dalam stand up comedy.

Oke, perhatikan lagi baik-baik pola kalimat Felix Siauw agar bisa dibedakan mana setup dan mana punch line:

Yang paling enak itu adalah punya wajah pas-pasan bapak ibu sekalian. (setup)

Pas-pasan tidak terlalu ganteng tidak terlalu jelek. (setup)

Kayak saya ini. Punya wajah pas-pasaan. (setup)

Pas-pasan kayak Tao Ming Se. Hehehe…(punch line)

Bagi Anda yang sudah tahu siapa itu Tao Ming Se (aktor ganteng serial drama meteor garden, bisa di-googling bila Anda belum mengenalnya) pasti akan tertawa karena wajah Tao Ming Se itu ganteng menurut para fansnya. Pas-pasan kok kayak Tao ming Se? Berarti pak Ustadz ganteng dong? Kok bilangnya punya wajah pas-pasan? Hehehe…

Begitulah yang akan ada dalam pikiran Anda sehingga Anda pun tersenyum dan tertawa. Coba deh perhatikan para stand up comedy melakukannya. Pasti kalimat mereka akan selalu punya setup dan punch line.

Mereka tidak asal berbicara. Mereka mencari tema kemudian menyusunnya menjadi beberapa setup dan punch line agar bisa terus menghadirkan tawa di atas panggung. Tentunya ada teknik-teknik tingkat lanjut lainnya untuk hal tersebut.

Pengetahuan perihal setup dan punch line membawa ide untuk bisa menampilkannya dalam setiap bicara, sambutan atau presentasi Anda bila dibutuhkan agar tidak membosankan. Contohnya sudah dilakukan oleh Ippho Santosa dan Ustadz Felix Siauw tadi diatas. Tinggal disusun dan disesuaikan saja dengan situasi saat Anda melakukannya.

Namun, Anda harus berhati-hati bila ingin menerapkan teknik setup dan punch line karena keinginan untuk berlama-lama dengan setup akan membuat bosan audiens Anda alias “garing”. Semakin cepat Anda sampai ke punch line akan semakin baik.

Iwel Sastra, salah seorang comedian senior memberikan contoh singkat dimana Anda bisa langsung masuk ke punch line dengan setup yang pendek saja sebagai berikut:

Diumur saya yang sudah kepala empat ini saya masih kuat bermain sepak bola. (setup)

Bayangkan, dalam 2×45 menit saya masih kuat, duduk setia di bangku cadangan ..hehehe… (punch line)

Atau contoh lainnya sebagai berikut:

Setelah sekian lama tidak ada satu gol tercipta, saya akhirnya mampu menjebol gawang dan membuat score. (setup)

Dan, itu saya lakukan ke gawang saya sendiri…hehehe (punch line)

Kira-kira seperti itulah teknik dasar dalam stand up comedy. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya dalam bicara atau presentasi Anda?

Ya paling tidak, kita sekarang jadi tahu teknik dasar stand up comedy dan mulai mengenal seperti apa stand up comedy itu sebenarnya. Demikian para sahabat sekalian. Semoga berkenan di hati dan selamat mengeksplorasi tema, setup dan punch line milik Anda sendiri.

Photo credit: Ekke

4 thoughts on “Tips Melucu Ala Stand Up Comedy

  1. sekedar menambahkan saja pak, stand up comedy itu tidak semata-mata melawak seorang diri sambil berdiri,,, Stand Up Comedy haruslah bersumber dari hasil pemikiran pribadi dan bukan dari materi orang lain,,, hal inilah yang membuat stand up comedy berbeda dengan joke telling,,,

    karena stand up sendiri artinya mandiri,,, mandiri dalam mengolah sesuatu hal menjadi sesuatu yang lucu… 🙂

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s