Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Bad Mood

color-600318_1280

Suatu pagi, ada teman berkata bahwa si Bos lagi bad mood karena itu kalau mau ketemu dan membahas sesuatu mending ditunda dulu. Percuma saja karena dia tidak akan mau dengar.

Di lain waktu, si Bos datang ke kantor dengan bersenandung dan tebar senyum ramah. Itu tandanya dia lagi good mood. Asyik kalau keadaannya lagi begini. Mau diskusi perihal masalah pekerjaan pasti mudah dicarikan solusinya.

Dan yang namanya bad mood dan good mood tentunya pernah Anda rasakan juga. Namun, apa sebenarnya pengertian mood tersebut? Kok bisa bad dan good ya?

Mood atau state of mind adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan seseorang yang bisa dialami sebentar ataupun lama tergantung dan berbeda-beda untuk setiap orangnya.

Kualitasnya juga cuma ada dua saja yakni, bad (jelek) dan good (baik) yang cenderung akan mempengaruhi bagaimana cara seseorang bertindak dan bertingkahlaku.

Bad mood akan cenderung menyebabkan respon atau tindakan negatif dari seseorang, sebaliknya good mood akan memberikan respon atau tindakan positif penuh semangat dari seseorang.

Itulah sebabnya penolakan atau keberatan seseorang kerapkali dikatakan terjadi karena orang itu lagi bad mood sehingga tidak bisa menanggapi sesuatu hal dengan baik.

Uniknya lagi mood tidak harus muncul karena stimulus atau kejadian dari luar diri seseorang. Kurang tidur atau kurang gerak saja bisa menyebabkan seseorang menjadi bad mood.

Kalau begitu mood seseorang dipengaruhi oleh apakah?

Pembahasan perihal ini sangat mudah dipahami dari penjelasan para ahli NLP. Penjelasan lain juga ada, tetapi kayaknya tidak sedetail para ahli NLP.

Nah, faktor yang mempengaruhi mood itu ada 2 (dua), pertama adalah faktor fisiologi dan yang kedua adalah faktor internal representation dari seseorang.

Faktor fisiologi berkaitan dengan bagaimana sel, organ dan anggota tubuh saling bekerjasama. Faktor ini terkait dengan pikiran yang di kontrol oleh otak dan hormon sebagai koordinator lapangannya.

Faktor internal representation terkait dengan bagaimana seluruh indera dan self talk Anda mencerna dan menyaring setiap kejadian yang terjadi setiap hari di dalam hidup Anda untuk kemudian menjadi suatu pemahaman atau kesimpulan pribadi.

Contohnya self talk, bila Anda dihadapkan pada keadaan situasi load kerja yang demikian ketat waktunya, kemudian self talk Anda bilang bahwa itu adalah “suatu masalah” buat Anda maka hari itu juga Anda bisa saja tiba-tiba menjadi bad mood.

Hal tersebut menjadi sangat pribadi karena di hasilkan dan disimpulkan dari latar belakang pendidikan, pengalaman, peristiwa dan kejadian yang masing-masing dari Anda tentunya punya cerita dan keunikan tersendiri.

Apakah bad mood bisa diubah dengan cepat? Tentu saja bisa.

Menurut para ahli NLP, Anda harus mengubah keadaan fisiologi atau internal representation Anda biar bad mood berubah menjadi good mood.

1. Fisiologi

Photo credit: thegreatcourses.com

Photo credit: thegreatcourses.com

Anda bisa mengubah bad mood menjadi good mood dengan cara mengatur fisiologi tubuh Anda. Dengan mengatur fisiologi tubuh Anda diharapkan hormon tertentu di dalam tubuh Anda juga bisa ditingkatkan.

Hal ini bisa dilakukan misalkan dengan mengubah postur tubuh Anda. Saat, Anda duduk maka duduklah dengan tegak, saat Anda berdiri maka berdirilah yang tegap.

Anda pun bisa melakukan aktivitas fisik tertentu lainnya yang bisa membuat tubuh Anda bergerak dan jadi bersemangat. Jangan lagi hanya diam terpaku meratapi sesuatu, tetapi bangkitlah segera dari duduk Anda untuk sekedar bergerak sedikit saja.

Itulah kenapa kalau Anda lagi merasakan bad mood Anda bisa mensiasatinya dengan pergi keluar ruangan sebentar, berjalan-jalan kaki, melihat keriuhan suasana lalu lintas, bermain dengan anak-anak, pergi ke pusat kebugaran dan macam-macam aktivitas fisik lainnya.

Lakukan ini agar bad mood Anda berubah menjadi good mood. Lakukan ini agar Anda bisa menghilangkan bad mood Anda tersebut.

2. Internal Representation

Photo credit: excellentassured.com

Photo credit: excellentassured.com

Anda juga bisa mengubah bad mood Anda dengan cara kedua, yakni mengubah internal representation Anda.

  • Menyadari kembali apa sebenarnya tujuan-tujuan hidup dan prioritas-prioritas kehidupan Anda. Sejenak diam dan mengingat hal itu semua bisa membuat bahwa dunia itu tidaklah sempit. Dunia begitu luas. Masalah yang Anda hadapi tidak selalu bersifat kekal adanya.
  • Mengingat kembali kejadian-kejadian di saat Anda begitu penuh semangat dan bahagia, misalkan: waktu itu di saat pernikahan Anda, di saat Anda menanti kelahiran anak Anda dan pertama kali menatap wajahnya, di saat Anda lulus sekolah/kuliah, di saat diterima kerja, di saat Anda pergi bertamasya bersama keluarga dan lain sebagainya. Perkuatlah rasa itu agar bad mood Anda berubah menjadi baik,
  • Selalu menjaga dan mengganti self talk Anda dari negatif menjadi positif. Begitu Anda berkata “saya punya masalah” cepat-cepat katakan dan ganti menjadi, “saya punya tantangan“. Saat Anda bilang, “saya tidak bisa mengatasi masalah ini” cepat-cepat ganti menjadi “saya bisa mengatasi tantangan ini” dan lain sebagainya,
  • Mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Quran, membuka foto-foto lama atau sekedar membaca buku tertentu yang menarik minat Anda juga bisa dilakukan. Hal ini tentu dapat membangkitkan kenangan indah Anda yang pada gilirannya juga bisa mengatasi bad mood Anda.

Ada satu lagi tips untuk para sahabat muslim sekalian. Tips ini harus bisa dijaga dan digunakan setiap waktu agar Anda bisa mengatasi bad mood Anda, yakni dengan menjaga ingatan Anda selalu terhadap Tuhan alias Dzikrullah.

Berpikir senantiasa hanya ada ingatan pada Allah saja bisa menjaga dan mengembalikan bad mood Anda menjadi baik. Bila Anda senantiasa selalu berada ingatan seperti itu, Insha Allah baik hasilnya.

Anda bisa mengatasi bad mood Anda menjadi good mood bahkan great mood pun bisa Anda dapatkan sebab hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang

Dan bagaimana agar Anda senantiasa bisa selalu berada pada level tersebut? Tentu saja lewat latihan yang waktunya bisa Anda tentukan setiap hari.

Pembahasan yang baik dan mudah dipraktekkan bisa Anda pelajari dari laman pak Yusdeka Putra disini sekiranya para sahabat mau mempelajarinya.

Alhamdulillah dapat ilmu lagi. Bersama kita berdoa supaya bisa mempraktekkannya dan selalu istiqomah.

Photo credit: Pixabay

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s