Cara Menguasai dan Memiliki Keahlian Tertentu Dalam 20 Jam

fair-540127_1280

Apakah Anda punya keinginan untuk bisa memiliki keahlian tertentu? Anda ingin bisa masak, menari, menyanyi, bermusik, berselancar, berdansa dan beberapa keahlian lainnya yang Anda impikan?

Bila semua itu benar adanya maka syaratnya adalah Anda harus segera melakukan banyak-banyak latihan untuk memiliki keahlian tersebut.

Ya semua orang juga tahu kalau mau punya keahlian tertentu harus banyak-banyak berlatih.

Tidak ada sejarahnya seseorang bisa bernyanyi dengan baik dan merdu kalau dia tidak pernah melatihnya.

Tidak ada ceritanya seseorang mampu bermain piano dengan sangat indahnya kalau sehari-hari dia tidak pernah melatihnya.

Tidak mungkinlah seseorang bisa menjadi ahli dalam bidang apapun kalau tidak dia pernah melakukan banyak latihan.

Pertanyaannya adalah harus berlatih sampai berapa lama biar bisa punya keahlian tersebut?

Butuh waktu sangat lama.

Dan, suatu penelitian menyatakan bahwa Anda harus berlatih paling tidak dalam 10.000 jam untuk bisa piawai dalam keahlian tersebut. Berapa lama coba 10.000 jam itu kalau dihitung menjadi hari, minggu atau bulan?

Masa si harus 10,000 jam? Benarkah itu?

Kalau impian Anda adalah ingin bisa menyamai Michael Jordan pebasket terkenal dunia atau Chef Ramsay juri Master Chef USA atau David Foster composer yang melahirkan banyak bintang atau orang-orang lainnya yang sudah menorehkan prestasi dunia maka 10,000 jam itu menjadi benar adanya.

Namun, bila impian Anda memiliki keahlian tertentu agar hidup Anda menjadi lebih bermakna, bermanfaat dan sekaligus bisa menentukan passion Anda sesungguhnya maka Anda tidak perlu berlatih sampai 10,000 jam. Anda cukup melakukan latihan intensif selama 20 jam saja. Inilah kabar gembiranya.

Apakah bisa seperti itu? Bisa dan hal ini sudah ditulis menjadi buku best seller oleh Josh Kaufman, seorang business and learning expert, dengan judul “The First 20 Hours“.

Josh Kaufman memberikan tips berikut agar Anda bisa menguasai suatu keahlian tertentu yang Anda impikan dalam 20 jam saja.

1. Bagilah Keahlian Menjadi Beberapa Bagian 

Apapun keahlian yang ingin Anda kuasai maka biasanya akan terdiri dari beberapa bagian yang bisa Anda tentukan sebelum Anda memulai proses latihan.

Contoh: Keahlian untuk bisa bermain gitar akan terdiri dari pengenalan beda masing-masing bunyi senar, penguasaan jari dan petikan, pengenalan kunci-kunci utama, dan barulah latihan lagu.

Daripada harus terbebani untuk belajar itu semua dalam sejam sehari, lebih baik Anda tentukan mana dulu yang mau Anda kuasai. Tentukan bagian yang paling penting terlebih dahulu. Mungkin ini adalah bagian dimana Anda butuh waktu lebih lama untuk menentukannya.

2. Mulailah Keahlian Dengan Praktek Langsung

Daripada harus berlama-lama membaca teori-teori dari beberapa sumber, ubahlah cara Anda melakukan latihan lebih kearah yang akan membuat Anda bersemangat dan menguras keingintahuan Anda meskipun Anda harus malu, jatuh dan gagal di tahap pertama.

Anda bisa belajar dari buku, dvd, audio, tetapi jangan terlalu terpaku pada hal tersebut karena itu akan menyebabkan Anda mengalami perkembangan yang stagnan. Anda harus segera memulai untuk praktek langsung.

Contohnya bagaimana si John Kaufman dia mempelajari keahlian selancar angin. Dia langsung terjun ke air dan mencari tahu bagaimana untuk menyeimbangkan badanya di papan selancar daripada harus berlama-lama membaca teori dari buku dan sumber lainnya.

Saat pertama berlatih tentu saja dia merasakan bagaimana dia harus selalu jatuh dan menelan banyak air untuk bisa mempertahankan keseimbangan badannya. Dari situ dia belajar bagaimana cara terbaik untuk menyeimbangkan badan dan belajar bahwa melakukan sesuatu untuk mempelajari keahlian lebih baik lagi langsung praktekkan.

Pastinya ini semua tetap harus dilakukan dengan memperhatikan keselamatan dan keamanan dalam melakukannya. Beberapa keahlian tertentu memiliki tingkat resiko tinggi. Tetap lakukan perhitungan, minimalkan resiko dan lakukan latihan dengan memperhatikan keselamatan.

3. Hilangkan Semua Penghalang

Lakukan mulai hari ini dan hilangkan semua penghalang. Matikan televisi, radio dan komputer Anda agar Anda tidak tergoda untuk menonton film, mendengarkan siaran musik ataupun melakukan surfing internet. Tetapkan waktu kapan Anda akan melatih keahlian yang Anda inginkan dan niatkan untuk melakukannya dengan baik.

Tentukan waktu yang baik untuk Anda melatih keahlian tersebut karena biasanya ada saja gangguan yang bisa membuat Anda harus berhenti melakukan latihan bila waktu yang Anda pilih kurang tepat.

4. Latihlah Keahlian Dalam 20 Jam

Oke, mulailah untuk berlatih agar Anda memiliki keahlian baru tersebut dalam 20 jam. Kenapa 20 jam? Karena inilah waktu yang memungkinkan Anda untuk mahir dengan keahlian baru Anda tersebut.

20 jam bisa Anda pecah menjadi hanya cuma 40 menit sehari dalam 30 hari, dengan kedisiplinan yang tinggi dan ini tidak lama. Bayangkan cuma 40 menit sehari dalam 30 hari.

Mulailah sekarang juga. Tidak perlu ragu, malu atau merasa terlambat. Mulailah sekarang juga dan jangan lupa untuk selalu bahagia.

Bagaimana para sahabat sekalian? Tertarik dan tertantang untuk memulainya? Saya juga mau mencoba. Mari sama-sama kita mulai latihan untuk keahlian yang ingin kita inginkan dalam 20 jam intensif.

Semoga berkenan dengan artikel kali ini.

Photo credit: Pixabay

 

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s