Tips Menemukan dan Mengetahui Passion Anda Sekarang Juga

find your passion

Minggu kemarin, saya ingin menulis tentang passion lagi.

Sibuk cari-cari artikel bagus perihal passion untuk dijadikan bahan tulisan.

Namun, semua pembahasan perihal passion di internet ternyata malah bikin bingung. 

Hampir semua secara seragam menyatakan bahwa untuk menemukan passion itu prosesnya bisa cepat atau bisa lambat berbeda-beda untuk setiap orang.

Masa iya begitu?

Anda butuh waktu yang tidak jelas untuk tahu apa dan dimana passion Anda?

Mungkin bisa saja memang demikian adanya, tetapi ada kabar gembira untuk Anda semua ketika saya membaca ulang pembahasan dari Abah Rama perihal bakat.

Abah Rama adalah seorang penemu talent mapping, perihal passion.

Lalu dimana kabar baiknya?

Menurut Abah Rama, passion itu adalah suatu keadaan dimana Anda mampu melakukan suatu aktifitas dengan Enjoy, Easy dan Excellent. Anda senang melakukannya, Anda mudah melakukannya dan Anda baik dalam melakukannya.

Kita sebut saja ketiga E itu sebagai 3-E.

Passion akan muncul bila Anda melakukan aktivitas sesuai dengan karakteristik tertentu yang melekat dan telah ada pada diri Anda.

Itulah bakat Anda.

Karakteristik yang melekat dan telah ada pada diri Anda.

Bukankah Anda diciptakan oleh Sang Pencipta untuk melakukan tugas-tugas tertentu di dunia?

Dan, untuk melakukan tugas tersebut Anda telah dilengkapi dengan karakter unik tertentu yang kita kenal sebagai bakat?

Nah… lupakan passion Anda karena bukan passion-nya yang Anda cari-cari…

Passion akan muncul bila Anda melakukan apapun sesuai dengan bakat Anda.

Anda asah bakat Anda dengan baik maka bakat Anda itu akan memberikan hasil yang baik untuk Anda.

Oke jelas sudah penjelasannya.

Berarti seharusnya adalah, Anda temukan terlebih dahulu apa bakat atau kumpulan bakat Anda.

Itulah potensi kekuatan Anda.

Dari sanalah passion Anda akan muncul.

Maka pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menemukan bakat Anda dengan cepat?

Paling tidak 3 cara berikut bisa Anda lakukan:

1. Perluas Aktivitas 

via : pixabay

via : pixabay

Anda perluas aktivitas Anda agar pengalaman dan wawasan Anda pun bertambah.

Dulu waktu kecil kita begitu aktif bukan? Masih ingat kegiatan pramuka disekolah? Disitu kita dilatih untuk bisa melakukan semua aktivitas dengan mandiri.

Bahkan bila Anda tersesat pun Anda harus tahu bagaimana untuk bisa survive dan mencari jalan pulang.

Tidak itu saja.

Bagaimana agar Anda bisa lebih berempati juga diajarkan.

Anda akan selalu diajarkan bagaimana melakukan pertolongan pertama kepada teman yang terluka.

Bagaimana berbagi dengan teman satu regu dalam hal area tidur, makan, antrian dan lain sebagainya.

Hal tersebut menjadi salah satu aktivitas wajib yang juga diajarkan di dalam kegiatan pramuka.

Banyak lagi cara untuk memperluas aktivitas.

Misalkan, ikut kegiatan sosial, ikut seminar dan training, ikut pelatihan dan lain sebagainya.

Dengan banyak kegiatan dan aktivitas, semoga Anda mulai menemukan dimana ada bisa merasakan 3-E Anda tersebut.

Sehingga Anda bisa mengidentifikasi itulah bakat atau potensi diri Anda.

2. Pelajari Banyak Keahlian Baru

image via ; pixabay

image via ; pixabay

Mempelajari keahlian baru menjadi sangat menantang untuk dilakukan.

Kemauan yang kuat dan latihan intensif selama 20 jam bisa membuat Anda memiliki keahlian baru.

Kita sudah pernah membahas perihal 20 jam untuk memperoleh keahlian baru tersebut dalam artikel lalu disini.

Silahkan bila Anda berkenan mengunjunginya kembali.

Yang utama adalah nikmati prosesnya sehingga Anda bisa lebih peka dan Anda bisa tahu apa sesungguhnya kekuatan Anda yang paling dominan.

3. Lakukan Test Bakat

image via : pixabay

image via : pixabay

Hal terakhir ini sebenarnya penemuan luar biasa dari Abah Rama.

Anda bisa mengetahui dimana bakat dan potensi Anda lewat suatu test yang bisa Anda lakukan sekarang juga.

Anda bisa melakukan tes gratis di temubakat.com

Atau melakukan investasi dengan melakukan online assessment di leadpro.temubakat.com.

Nah, terus apa selanjutnya bila Anda sudah tahu dimana bakat Anda?

Kalau sudah mulai dari kecil sangat baik, tetapi kalau baru tahu sekarang gimana?

Tinggal ambil keputusan dan tetapkan target kapan Anda mau mulai.

Bila Anda sudah memulai sesuatu dengan kekuatan Anda maka passion Anda akan muncul.

Kemudian, Anda teruslah untuk tekun, kerja keras, disiplin, rajin, bertanggung jawab serta beretika.

Hal tersebut merupakan Karakter Kinerja (Performance Character). Syarat Anda bisa memperoleh hasil sesuai dengan yang Anda inginkan.

Begitu tambahan dari Abah Rama.

Kemudian jangan lupa, Anda juga harus selalu baik hati, ramah, berjiwa sosial, memiliki keperdulian terhadap orang lain, jujur, dermawan, dan berempati.

Hal tersebut merupakan Karakter Moral (Moral Character) agar Anda menjadi pribadi yang membawa manfaat untuk orang lain dan lingkungan Anda.

Demikian, semoga semakin menambah pengetahuan kita bersama ya.

Lalu haruskah Anda meniti karir berdasarkan bakat (passion) Anda itu melulu?

Pembahasan ini akan kita lanjutkan di artikel berikut ini ya

Photo credit : Pixabay

30 thoughts on “Tips Menemukan dan Mengetahui Passion Anda Sekarang Juga

  1. Saya sangat setuju, Kebetulan saya juga sering menulis tentang passion sampai kepada barang dagangan yang saya jual juga tentang passion hehe.. Seperti yang pernah dikatakan oleh steve jobs salah satu CEO ternama dunia “Hanya orang-orang yang memiliki passion yang dapat mengubah dunia”.

  2. Pak, saya masih bingung harus melanjutkan kuliah kemana, saya tidak tahu dimana passion saya. Tapi ada keinginan untuk melanjutkan kulias di jurusan farmasi, tetapi saya tidak tahu apapun tentang farmasi. Sebenarnya kalau ingin melanjutkan kuliah apakah harus sesuai dengan kemampuan kita atau kemauan kita? Bagaimana dengan melanjutkan sesuai dengan kemampuan kita tetapi dalam melakukannya tidak merasakan kesenangan atau enjoy, sedangkan jika dengan melanjutkan kuliah dengan jurusan yg disukai tapi tidak ada pengetahuan apapun, dan tidak bagaimana rasanya, tetapi ingin mencoba?
    Saya takut jika salah memilih jurusan, dan selama 4 tahun kuliah takut malah jadi sia sia

  3. halo saya taufik, usia saya 25 tahun, saya sering merasa bingung dengan bakat saya, apalagi passion, karena saya merasa memiliki option bakat, dan semuanya hampir seimbang, karena saya mudah sekali bosan dalam hal apapun yg saya kerjakan, kemudian berganti dengan hal lain, saya ketakutan sendiri sekarang jika saya akan begini terus, saya suka bertanya tanya kenapa dan bagaimana caranya orang bisa memilih satu hal (kemampuan, bakat,keinginan) kemudian dia tidak tergoda melakukan hal lain, mohon saran untuk saya apa yg harus saya lakukan, Terima kasih

  4. Ada beberapa aktivitas yang mudah untuk saya lakukan sementara orang lain merasa kesulitan melakukannya, tetapi saya tidak merasakan kesenangan dalam melakukannya. Dan ada juga aktivitas yang saya senangi, tetapi tidak mudah bagi saya untuk melakukannya. Bagaimana tanggapan bapak? Terimakasih.

  5. Menurut bapakk, apabila kita menyukai sesuatu tetapi hal tsb tidak didukung oleh ortu kita dan pdhal kita merasa disitu passion kita tetapi karena orang tua tidak mengijinkan untuk melakukan kegiatan tsb. Apakah kita harus menemukan passion yg baru atau kita tetap melakukan apa yg kita sukai tanpa didukung oleh orang tua kita.. terimakasih

  6. Pingback: Impassionately Passionated – Reviews, Essays, Opinions, Stuffs.

  7. Terima kasih atas artikelnya pak. Sangat membantu saya dalam memandu menemukan bakat yang sebenarnya.

  8. Pak, saya merasa apa yg saya senangi saya nikmati saat mengerjakannya itu tidak maksimal, dalam artian kemampuannya hanya setengah2 ,& abal2,say tdk yakin kalau itu adalah passion saya. Bagaimana menurut bapak ya?

  9. Pingback: Cara Memulai Berbisnis | Netpreneur - Footnote

Komentar Anda disini sangat Berarti

