Rahasia Presentasi Agar Disukai Banyak Orang

Open Hardware Summit 2010, Hall of Science, Queens, NY, USAHasil riset yang dilakukan oleh Vanessa Van Edwards, seorang behavior investigator, perihal bagaimana menyampaikan suatu presentasi dengan baik dilihat dari aspek non-verbal seseorang menarik untuk disimak.

Riset tersebut fokus mengamati para pembicara di Ted. Suatu acara non profit dimana para ahli memberikan presentasi mengenai ide, gagasan, pendapat dan pengetahuan baru lainnya yang sangat menginspirasi selama maksimal hanya dalam 18 menit.

Penelitian perihal bagaimana menyampaikan presentasi dilihat dari aspek non-verbal ini sangat mampu meningkatkan wawasan Anda dan menjawab pertanyaan kenapa bisa terjadi 2 orang pembicara yang sama-sama ahli dibidangnya, menyampaikan presentasi dengan tema serupa, jumlah orang yang melihat presentasinya bisa berbeda.

Apakah yang membedakannya?

Kesimpulannya adalah bahwa: “It is not about what you say. It is about how you say it“. Artinya, semua itu bukan melulu perihal apa yang Anda katakan, tetapi lebih kepada bagaimana Anda mengatakannya dan kekuatan bahasa non-verbal seseorang akan menjadi sangat penting.

1. Kesan Baik Di awal Presentasi

Orang akan menilai Anda saat pertama kali berjumpa dengan Anda. Dan, hal tersebut akan dilakukan dengan sangat cepat yakni hanya dalam waktu 7 detik saja. Hanya dalam waktu 7 detik orang akan menilai dan memutuskan apakah Anda adalah pribadi yang menarik atau bukan.

Bagaimana cara untuk menampilkan kesan pertama yang baik tersebut? Menurut Amy Cuddy, profesor dari Harvard, Anda cukup memperhatikan 2 hal saja, yaitu kompetensi dan keramahan Anda.

Keramahan secara non-verbal bisa ditampilkan tentunya lewat kontak mata yang baik, posisi badan yang menghadap ke teman bicara/audience Anda, senyuman tulus dan beberapa bahasa tubuh lainnya yang pernah kita bahas dalam artikel lalu disini.

Sedangkan, kompetensi atau inteligensi percaya atau tidak, bisa muncul juga lewat senyuman. Bahkan senyuman yang lebih lama hampir 14 detik bisa memberikan rating tinggi dalam mendongkrak skor inteligensi.

Maka dari itu, Anda perhatikan bagaimana cara Anda hadir di awal presentasi dan juga cara bagaimana Anda membuka presentasi karena hal tersebut sangatlah krusial.

2. Keragaman Vocal Saat presentasi

Kita semua pasti akan menjadi sangat tertarik dan mau mendengarkan cerita yang dibawakan dengan intonasi kata yang baik.

Suatu cerita yang lurus lempeng saja dibawakan dan tidak jelas emosi yang dirasakan hanya akan membuat orang bosan dan tidak lagi tertarik untuk terus mendengarkan.

Pembicara yang baik harus mampu menyajikan presentasinya dengan keragaman vokal dan intonasi yang menggambarkan emosi dan perasaan. Kita pun tentu setuju dan pernah membahas perihal bagaimana agar bicara Anda memukau dengan memperhatikan RTPPV Anda dalam artikel lalu disini. Dan, hasil riset diatas semakin mendukung hal tersebut.

3. Gerakan Tangan Dalam Presentasi

Gerakan tangan atau hand gesture yang baik ternyata berpengaruh pada presentasi Anda.

Menurut Vanessa, tangan Anda secara non-verbal merupakan cara yang Anda gunakan untuk menunjukkan dan menciptakan kepercayaan. Orang akan lebih percaya pada Anda bila mereka bisa melihat tangan Anda dan dengan tangan tersebut orang akan lebih mengerti dan mudah memahami apa yang Anda bicarakan.

Bandingkan data berikut deh, para pembicara dengan viewer terendah memiliki rata-rata 124,000 views dan menggunakan rata-rata hanya 272 gerakan tangan. Sementara, pembicara dengan viewer rata-rata 7,360,000 views mengunakan lebih banyak gerakan tangan yang rata-rata hampir 465 gerakan dalam presentasi selama 18 menit.

Wow, ini semua merupakan ilmu baru buat kita ya.

Bagaimana agar Anda bisa menampilkan gerakan tangan yang baik? Tentu saja tidak usah dikuatirkan. Bila Anda sangat passion terhadap presentasi Anda, antusias, dan RTPPV Anda jaga dengan baik. Otomatis gerakan tangan Anda pun akan mengikuti. Atau, bila Anda tertarik lebih lanjut perihal gerakan tangan, Anda bisa membacanya dalam artikel lain disini.

Demikian para sahabatku semua, semoga memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat untuk kita semua.

Kabar baiknya, kita bisa praktekkan tidak hanya dalam melakukan presentasi, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari kita.

Bukankah menciptakan kesan pertama yang baik, suara yang baik dan gerakan tangan yang baik saat berbicara dengan siapapun bisa kita praktekkan sekarang juga?

Semoga berkenan di hati.

Photo credit: Open Hardware Summit at Flicr

2 thoughts on “Rahasia Presentasi Agar Disukai Banyak Orang

  1. Banyak sekali orang yang lebih mengandalkan keindahan slide presentasi ketimbang dari kemampuan mempresentasikan. Pak Agus Martowardoyo adalah sebuah pengecualian.

    Saya pernah melihat presentasi Pak Agus Martowardoyo sewaktu beliau masih menjadi Dirut Bank Mandiri dalam sebuah acara. Saya lupa apa yang dipaparkan. Beliau sangat luar biasa sekali dalam menyampaikan pemaparannya itu. Dengan sangat jarang sekali melihat kepada slide power point, beliau bisa menjelaskan apa yang dipaparkan dengan sangat detail. Sangat hafal content presentasi, hafal data-data dan angka di luar kepala.

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s