Mengatasi Rasa Minder Bertemu Orang “Penting”

tips atasi minder

Andaikan Anda memiliki kesempatan untuk hadir di suatu gala dinner yang dihadiri oleh para pesohor dunia. Apa yang akan Anda lakukan? Mencari idola Anda kemudian berbicara dengannya atau meminta foto bareng bersama?

Tentunya sebagian besar akan bilang sebaiknya berbicara terlebih dahulu baru kemudian minta foto-foto.

Andaikan Anda sudah bertemu dengan idola Anda dan berbicara dengannya, apakah Anda yakin bisa bicara dengan lancar? Apakah Anda yakin tidak akan terjadi kesenyapan dan kehabisan kata-kata saat berbicara dengannya?

Nah, pertanyaan ini jawabannya akan berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang bilang,”Saya pasti bisa. Sudah lama saya mengimpikan dan merencanakan semuanya dengan baik. Jadi, siapa tahu ada kesempatan bertemu dengan tokoh idola tersebut saya sudah siap dengan seluruh bahan bicara yang mau disampaikan.”

Sebagian orang bisa seperti itu, sebagian lagi mungkin grogi dan minder serta bingung mau bicara apa. Padahal semua juga sudah dipersiapkan, tetapi begitu bertemu ternyata sulit banget untuk bicara lancar. “Bertemunya mendadak si. Coba kalau tahu jauh-jauh hari saya sudah tahu bahwa dia akan ada disini, tentu saya sudah persiapkan apa saja yang mau dibicarakan”, begitu kadang Anda akan berucap.

Nah, disini kita melihat ada perbedaan antara orang yang sudah lama merencanakan dan membayangkannya dengan orang yang belum sama sekali melakukannya.

Pada kenyataannya, sering kali apa yang kita hadapi adalah sesuatu yang belum pernah kita bayangkan dan rencanakan. Tiba-tiba saja kita akan dihadapkan pada situasi dimana kita harus menghadapi suatu peristiwa, kondisi dan bertemu dengan orang-orang baru terkadang malah orang-orang “penting”.

Sama seperti kejadian saat minggu lalu saya bertemu dengan calon investor. Seseorang yang punya banyak uang untuk membiayai proyek baru. Entah kenapa, kok rasa minder, grogi atau nervous alias demam panggung itu tetap ada ya? Padahal waktu berangkat tidak ada perasaan apa-apa. Santai saja untuk pergi. Begitu ketemu dengan mereka perasaan minder dan salah tingkah itu ada.

Mungkinkah karena saya sendiri yang membuat persepsi di dalam pikiran bahwa mereka lebih tinggi derajatnya? Ah tidak juga. Masalahnya cuma masih bingung saja bagaimana harus bersikap dan enaknya mau bicara topik apa agar tidak terjadi kesenyapan itu.

Yah, demam panggung seperti itu ternyata wajar saja. Salah tingkah dan kesenyapan mau bicara topik saat bertemu dan berbicara tetap saja ada. Namanya juga bertemu dalam kesempatan yang tidak datang setiap hari. Kesempatan yang tidak sering kita alami setiap hari jadi kita belum terlatih dengan baik.

Topik apa kira-kira yang enak untuk dibicarakan?

4 Topik Bahasan Bertemu Orang “Penting”

Michael Ellsberg, penulis ternama dunia, bilang bahwa ada empat area yang bisa Anda gunakan dalam suatu percakapan dan bisa menarik untuk dilakukan saat Anda bertemu dengan orang-orang “penting”, yaitu money, relationship, kesehatan dan spiritual.

Tidak semua orang hebat dalam keempat area tersebut. Nasehat, saran dan masukan dari Anda perihal tersebut akan menjadi sesuatu yang baik untuk dibicarakan dengan mereka.

Eh, pendapat ini ada benarnya lho. Pembicaraan perihal kesehatan bisa menjadi topik yang asyik dan hangat untuk dibicarakan.

Coba tanya mereka bagaimana mereka menjaga kebugaran tubuh mereka.Tentu mereka akan senang hati bercerita panjang lebah perihal tersebut. Dan Anda tinggal menggunakan rumus yang pernah kita bahas dalam artikel lalu disini agar percakapan Anda menjadi tidak kaku dan terhenti.

Bagaimana para sahabat sekalian? Tertarik untuk mencoba?

Photo credit: cocoparisienne at Pixabay

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s