Mari Coba Tips Ini Agar Anda Lebih Produktif Dalam Belajar dan Bekerja

Mengelola Waktu

Mungkin benar kata orang bahwa untuk memulai suatu pekerjaan apapun itu kadang terasa berat. Ujung-ujungnya kita malah menunda padahal awalnya kita sudah ingin banget memulainya.

Patutlah kita simak pendapat dari Dr. Barbara Oakley perihal kenapa kadang kita menunda sesuatu pekerjaan atau yang lebih sering kita dengar sebagai Procrastination dalam bahasa inggrisnya.

Menurut Dr Barbara, alasan kita menunda suatu pekerjaan adalah karena kita belum mendapatkan perasaan senang atau happy untuk memulainya. Dan karena rasa belum happy itu maka kita akan mencari hal-hal lain yang bisa mengalihkannya.

Bisa saja hal itu terjadi karena Anda hendak memulai pekerjaan yang bukan berasal dari kemauan Anda sendiri, atau Anda belum melihat beda manfaat dari selesai tidak selesainya pekerjaan itu, atau Anda justru malah ingin kesempurnaan sehingga merasa belum siap untuk memulainya dan karena itu Anda merasa belum siap dan tidak happy.

Ada benarnya memang apa yang dikatakan Dr. Barbara itu dan menohok benar ke diri saya. Contohnya saat saya hendak mulai untuk menulis. Saya ingin banget tulisannya itu bisa baik, tetapi terkadang ide tulisan masih belum ada dan oleh sebab itu saya merasa tidak happy untuk memulainya. Nanti-nanti saja-lah menulisnya cari ide-ide dulu.

Padahal saya sudah didepan komputer, eh…. karena merasa belum siap menulis, ya sudah sebentar dulu lah surfing internet bareng mbah google. Niatnya si mau sebentar, tetapi tahu-tahu sudah sejam, dua jam dan akhirnya tidak jadilah saya menulis.

Perasaan tidak happy muncul kembali karena hakekatnya tujuan awal untuk menulis belum terselesaikan. Itulah yang dikatakan oleh Dr. Barbara sebagai kesenangan semu yang timbul dari menunda pekerjaan.

Apakah Anda juga pernah mengalami dan merasakan hal serupa? Dalam memulai pekerjaan ataupun memulai untuk belajar sesuatu?

Dr. Barbara pun punya cara untuk mengatasinya. Mau tau seperti apakah caranya itu?

Caranya cuma ada dua, yaitu: paksakan dan gunakan timer!

Maksudnya timer gimana? Gunakan teknik yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo, yaitu Pomodoro Technique. 

Pomodoro Technique sebenarnya sangat sederhana. Ingat dulu saat kita ujian di sekolah? Biasanya pengawas ujian akan mengingatkan kita berapa waktu tersisa untuk kita menyelesaikan ujian kita bukan?

Nah, pomodoro teknik juga begitu. Kita gunakan waktu dan alarm dalam bekerja dan belajar. Alarm bisa dari jam meja, kitchen timer (bentuk tomat seperti dalam gambar di tema tulisan di atas) atau handphone pribadi untuk mengingatkan kita.

Praktek Lengkapnya begini:

  1. Paksakan bahwa kita harus mulai bekerja sekarang,
  2. Atur waktu dalam 25 menit karena katanya pikiran bisa fokus dalam hitungan 25 menit. Lebih dari itu biasanya otak mulai jenuh,
  3. Bekerjalah, belajarlah atau apapun itu selama 25 menit tanpa jeda dan interupsi. Matikan TV, Radio, Internet, Handphone, bahkan jangan mau terima gangguan dari orang lain,
  4. Begitu alarm berbunyi, hentikan pekerjaan lalu atur lagi waktu 5-10 untuk istirahat sebagai hadiah karena sudah bekerja penuh dalam 25 menit,
  5. Lanjutkan lagi pekerjaan kita (bila memang masih dibutuhkan) untuk 25 menit berikutnya,
  6. Istirahat lagi 5-10 menit dan lanjut lagi 25 menit berikutnya,
  7. Begitu seterunya. Setelah 4 kali putaran alias 2 jam, kita bisa mengambil istirahat 15-30 menit.

Asyik dan boleh dicoba teknik pomodoro tersebut ya. Namun, kita harus berhati-hati banget kayaknya di langkah nomor 4, saat istirahat pendek 5-10 menit.

Jangan lakukan hal-hal yang akan membuat kita terlena karena 5-10 menit itu cepet banget dan tak berasa. Oleh karena itu, sebaiknya kita gunakan waktu 5-10 menit itu untuk sekedar minum kopi/teh saja, liat-liat jendela mungkin, melakukan pelemasan otot, liat-liat agenda atau sekedar mengatur napas barangkali.

Bagaimana para sahabat sekalian? Tertarik untuk mencobanya? Saya juga mau coba ah dan Alhamdulillah sudah ada aplikasi pomodoro gratisan juga yang bisa di-install di android handphone lewat play store jadi kita nga perlu report seting-seting alarm.

Dan, kalau Anda berkunjung ke website resminya pomodoro teknik, Anda juga akan jumpai bahwa teknik tersebut juga bisa digunakan untuk bekerja secara team, bekerja dengan skala prioritas mana yang mau dikerjakan lebih dahulu atau hanya sekedar bekerja sendiri dengan tata kelola waktu yang lebih baik.

Mari kita mencobanya. Paksakan dan gunakan timer. Bolehlah ya.

Photo credit : Jussi Linkola at flicr

2 thoughts on “Mari Coba Tips Ini Agar Anda Lebih Produktif Dalam Belajar dan Bekerja

  1. Sangat boleh untuk di coba nih pak pomodoro time management.. biasanya saya suka memaksakan waktu sampai kerjaan selesai, ibarat kata nanggung takut istirahat terganggu, akhirnya malah jadi tidak sempat untuk istirahat. Sepertinya lebih efektif.

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s