Cara Setting Profile Picture Yang Baik

Rule of Thirds

Apakah Anda pernah memperhatikan ada garis vertical dan horizontal yang saling berpotongan membentuk kotak-kotak kecil saat Anda mau setting profile picture di handphone atau media sosial Anda?

Ada dua garis vertical dan dua garis horizontal yang saling bersilangan membentuk 9 kotak kecil-kecil?

Coba deh perhatikan dan yang dimaksud adalah gambar seperti ini:

Nah sudah mulai “ngeh” apa yang dimaksud ya?

Oke, ternyata garis-garis itu ada fungsinya.

Bagi Anda yang sudah tahu karena hobi fotografi jangan tertawa ya karena saya memang baru paham perihal ni. Dan, bagi Anda yang belum paham fungsi kotak-kotak itu silahkan boleh lanjut bacanya.

Anda lihat bahwa di tengah-tengah garis vertical dan horizontal ada garis yang saling berpotongan yang ditandai dengan warna merah. Nah, titik perpotongan itu dikenal dengan istilah power points.

Sebelum lebih jauh dengan power points, Anda juga harus perhatikan dimana Object (bisa orang, bisa benda, bisa tumbuhan, bisa hewan dan lain sebagainya) yang akan Anda tempatkan dalam kotak-kotak tersebut.

Kalau kita bicara profile pictures di HP atau sosial media Anda, tentunya Object tersebut adalah gambar Anda sendiri, gambar putra-putri Anda atau istri Anda mungkin.

Oke, kita lanjut ya.

Penempatan object untuk profile picture Anda akan menjadi baik bila Anda mengikuti kaidah fotografi yang dikenal dengan Rule of Thirds.

Rule of thirds menyarankan agar Anda menempatkan object foto Anda pada titik power points atau di garis-garis vertical horizontalnya langsung.

Menjadi suatu kebiasaan barangkali bila Anda akan menempatkan object selalu ditengah-tengah kotak. Cara Anda itu akan membuat mata orang yang melihat langsung terfokus ke satu titik tidak bergerak secara natural.

Dengan rule of thirds Anda bisa menempatkan object dengan lebih natural dan menarik serta membuat komposisi yang lebih indah lagi.

Coba perhatian gambar dibawah ini.

bike_01

Image by Photospot

Object dalam gambar tersebut adalah sepeda dan langsung ditempatkan di tengah. Mata Anda pun langsung melihat ke sepeda tidak lagi memperhatikan ada view lainnya yang juga bisa Anda nikmati, semisal pepohonan disekitar.

Kalau mengikuti kaidah rule of thirds, gambar Anda bisa menjadi lebih menarik dan dinamis sebagaimana berikut ini:

bike_02

Image by Photospot

Bagaimana sahabat? Apakah bisa terlihat perbedaannya?

Bayangkan garis-garis vertical horizontal di pikiran Anda kemudian lihat lagi gambarnya agar bisa lebih jelas apa rule of thirds itu.

Di gambar kedua, object sepeda telah ditempatkan pada posisi sepertiga dari frame alias kalau kita tarik garis-garis imaginer vertical horizontal maka dia berada di garis vertical paling kanan.

Dengan demikian, daerah tiga perempat luas gambar lainnya di sebelah kiri bisa semakin memperlihatkan rindangnya pepohonan dengan gradasi warna yang indah. Mata pun jadi enak untuk melihatnya.

Bagaimana? Masih bingung dengan rule of thirds?

Berikut ini beberapa pedoman lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk menempatkan object foto atau profile pictures Anda.

1. Object diletakkan di Power Points 

2. Object di Garis Horizontal

Picture 3

Image by : Rick Harris

3. Object di Garis Vertical

Picture 4

Image by : Kenneth Barker

4. Object di Power Points dan Garis Vertical/Horizontal

Gambar 5

Image by : Bronson ABbott

Bagaimana para sahabat sekalian? Lebik enak liat gambarnya kan ? Daripada harus selalu menempatkan object di tengah-tengah frame? Semoga semakin menambah wawasan baru untuk kita ya.

Photo credit: Zach Dischner at flicr

2 thoughts on “Cara Setting Profile Picture Yang Baik

  1. Sebenarnya saya sudah pernah membaca artikel seperti ini di sebuah website fotografi dan mendengar dari teman saya tapi artikel ini sangat bagus, penjelasannya mantap, kalimat yang digunakan seperti mengajak saya untuk menyelesaikan artikel ini tanpa rasa malas.

    Makasih sudah sharing-sharing informasi seputar ini. Sekaligus refreshing.

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s