Sekali Lagi, Cara Cepat Mengatasi Bad Mood

3752405524_aa707b7695_b

Ada beberapa saran dari para ahli dan dari berbagai sumber lainnya, perihal bagaimana Anda bisa mengubah mood, lewat cara berikut ini:

1. Liat-liat Foto Jadoel / Foto Keluarga

Bila Anda merasa kurang semangat dan lagi bad mood coba lihat foto-foto nostalgia Anda. Foto-foto keluarga Anda, foto Anda sendiri barang kali atau foto anak-anak Anda. Kemungkinan besar mood Anda yang loyo bisa kembali bersemangat.

Mengapa sebab? Karena dengan melihat foto-foto kenangan tersebut, Hormon serotonin Anda bisa terstimulasi.

Hormon serotonin adalah hormon pengatur ketenangan yang bisa terstimulasi saat Anda mengenang atau memikirkan sesuatu yang membahagiakan sehingga dalam batas tertentu dapat mengurangi level stress Anda.

Lalu bagaimana bila masih belum berhasil juga?

Mungkin belum begitu efek kali ya, maka Anda sebaiknya juga mencoba cara kedua berikut.

2. Buat Rencana Aktivitas yang Menyenangkan

Ingat segera apa yang akan Anda lakukan dalam perjalanan kehidupan Anda. Apa target atau aktivitas-aktivitas yang akan Anda lakukan yang bisa begitu membuat Anda menjadi bersemangat bisa itu harian, mingguan atau bulanan.

Misalkan, akhir minggu nanti mau pergi berenang sama keluarga, pulangnya mau makan soto betawi yang terkenal lezat, baru kemudian mampir sebentar untuk pijat refleksi. Santai dan menyenangkan.

Atau, Anda punya cita-cita untuk ikut terjun payung? Pergi memancing ke laut lepas, ikut bungee jumping, atau ingin naik balon udara barangkali. Sebuah aktivitas yang memicu kesenangan Anda.

Nah, cara-cara tersebut bisa menghasilkan kenyamanan dan rasa senang juga di diri Anda? Kenapa? Karena itu semua bisa memicu hormon dopamine si pengatur kesenangan saat Anda merencanakannya.

Katanya, dopamine akan terstimulasi saat Anda berusaha untuk mencapai semua target-target Anda. Atau saat ada memusatkan perhatian pada sesuatu yang ingin Anda capai.

Apakah Anda sudah pernah coba melakukannya, yuk sama-sama kita coba.

Sudah, tapi belum juga bisa mood? Coba juga cara ketiga ini.

3. Chatting atau Call Keluarga

Cara ini mungkin sudah sangat sering Anda lakukan ya?

Coba tanyalah ke rumah untuk tahu anak lagi apa? Atau telpon saja langsung ke orangtua/istri/anak ke handphone-nya untuk tahu apa yang sedang mereka lakukan. Atau, lewat chatting dengan mereka barangkali.

Cara-cara tersebut juga bisa meningkatkan mood Anda.

Pertanyaannya sama, kenapa cara ini juga bisa membuat Anda bersemangat?

Yah, karena katanya hal-hal tersebut akan memicu sekresi dari hormon oxytocin yang terkait erat dengan rasa kasih sayang dan kepercayaan.

Jadi kesimpulannya, kalau mood Anda lagi tak bagus dan tentunya sangat tidak baik untuk kehidupan Anda, maka Anda lakukan saja: liat-liat foto kenangan, ingat-ingat lagi target-target Anda dan segera phone a family or friend Anda.

Dari itu semua, ternyata olahraga menjadi saran yang memang sangat dianjurkan. Anda harus meluangkan waktu untuk berolahraga juga karena olahraga bisa memicu hormon serotonin dan dopamine terstimulasi sekaligus.

Bonus lain dari berolahraga adalah meningkatkan hormon endorfin Anda. yang terkait erat dengan kekebalan tubuh dan rasa bahagia.

Itu kenapa Anda bisa membedakan lelah karena bekerja dan lelah karena berolahraga.

Berolahraga Anda bisa membuat lelah dan cape, tapi cape-nya menimbulkan kebahagiaan dan rasa senang.

Kalau masih belum bisa semangat juga gimana?

Lakukan cara-cara tersebut sekaligus dalam satu waktu kali ya?

Kalau belum bisa juga?

Berarti Anda adalah orang-orang yang sudah tak ingin lagi terikat pada ingatan dan aktivitas tersebut diatas.

Anda ingin sesuatu yang lebih tinggi lagi.

Anda butuh ingatan pada sesuatu yang Maha Tinggi. Dan tentunya, bagi saudara-saudara Muslim pasti tahu apa yang dimaksud.

Itulah ingatan pada Allah alias Dzikrullah.

Caranya?

Anda bisa lakukan seperti yang disampaikan Ustadz Yusdeka di dalam websitenya disini.

Semoga berkenan di hati ya.

Photo credit: Matt Emmett at Flicr

2 thoughts on “Sekali Lagi, Cara Cepat Mengatasi Bad Mood

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s