Tips Mudah Untuk Bisa Bangun Malam

night

Ibadah malam memang sangat istimewa, tetapi tidak semua orang bisa bangun di sepertiga malam. Rasanya susah banget untuk bisa bangun dari tempat tidur di saat-saat itu.

Dan anehnya, kesulitan untuk bangun di sepertiga malam itu kok bisa hilang disaat-saat tertentu.

Ketika harus pergi dinas ke luar kota dengan pesawat terbang di bandara Soekarno Hatta, saya bisa tuh bangun jam 3 pagi tanpa kesulitan sama sekali.

Kemudian, kesulitan bangun malam juga bisa hilang ketika saya punya keinginan untuk menyaksikan pertandingan siaran langsung sepakbola di televisi di tengah-tengah malam.

Bisa-bisanya saya tuh bangun dari tidur di tengah malam tanpa rasa kesulitan.

Mengapa itu bisa terjadi? Mengapa kalau buat ibadah kayaknya sulit untuk bangun dari tempat tidur, tetapi untuk menyaksikan siaran langsung sepakbola ataupun harus bangun pagi untuk pergi ke luar kota tidaklah demikian sulit?

Yah, karena bangun untuk beribadah di sepertiga malam itu istimewa. Istimewa sekali makanya ada tips dan trik yang bisa kita gunakan agar Insha Allah bisa mudah bangun beribadah malam.

Dari semua tips dan trik maka tips dari Pak Ustadz*) perihal “pintu ingatan” layak untuk kita simak.

Pak Ustadz bilang kalau otak kita atau “minda” kita itu adalah seperti sebuah komputer yang berisi program-program tertentu. Program-program itulah yang bisa kita sebut sebagai “pintu ingatan“.

Ada pintu sholat, pintu pergi pasar, pintu pergi ke kantor, pintu pulang kantor, pintu makan dan pintu-pintu lainnya.

Semua yang Anda pikirkan, amati, rasakan atau alami sesungguhnya tersimpan di dalam “pintu ingatan” yang bisa Anda akses kembali di saat-saat tertentu.

Dengan membuka pintu-pintu ingatan tersebut Anda bisa melakukan suatu aktivitas tanpa berpikir lagi.

Contoh, saat Anda membuka pintu sholat, berarti Anda sedang membuka pintu ingatan perihal aktivitas sholat. Anda bisa melakukan semua gerakan dengan otomatis tanpa harus berpikir lagi dan Anda sudah hapal doa-doa rukuk, i’tidal, sujud, duduk antara dua sujud dan tahiyat.

Di awal-awal belajar sholat mungkin iya, Anda perlu mengingat-ingat gerakan apa selanjutnya sesudah rukuk, sesudah sujud maupun sesudah 2 rakaat penuh, tapi setelah mahir Anda tidak akan lagi berpikir karena semua aktivitas tersebut sudah otomatis berjalan.

Demikian pula halnya perihal pintu pergi ke pasar. Biasanya ibu-ibu sudah paham betul pintu ingatan ini, mau naik apa pergi ke pasar, terus tempat buah ada dimana, tempat sayur ada dimana dan tempat bumbu dapur ada disebelah mana.

Sama halnya dengan pintu pergi ke kantor, para bapak yang berperan sebagai karyawan sudah paham benar gimana cara menuju ke kantor. Tidak lagi berpikir jalannya lewat mana dan apa yang harus dilakukan sesudah sampai dikantor.

Semua pintu ingatan itu sudah ada dan Anda tidak perlu lagi berpikir saat melakukan sesuatu yang memang sudah diprogram dalam minda Anda.

Nah, Pak Ustadz bilang kalau Anda mau bangun sholat malam maka lakukan reprograming atau memprogram ulang pintu ingatan sholat Anda.

Pergilah ke pintu ingatan sholat, lalu nyatakan bahwa Anda mau bangun malam dan sholat tahajud di dalam pintu ingatan tersebut pada pukul 3 pagi. Lakukan ini berkali-kali. Insha Allah bila ada ketetapan Allah, Anda bisa bangun jam 3 pagi dan melakukan sholat tahajud.

Lakukan reprograming itu sesering mungkin biar bisa menjadi otomatik.

Inilah yang menjawab pertanyaan rupanya, kenapa kalau nonton siaran langsung sepakbola di tengah malam saya bisa bangun. Yah! karena hampir sepanjang hari saya memprogram ingatan saya untuk bangun malam agar bisa nonton siaran langsung sepakbola di tengah malam.

Bayangkan… Pagi hari, saya sudah ingetin bahwa ntar malam ada siaran langsung sepakbola, di jalan jadi ingat lagi karena liat berita perihal siaran langsung sepakbola nanti malam, di kantor obrolan yang diingat ya obrolan siaran langsung sepakbola.

Pulang kantor, yang diinfokan ke istri juga siaran sepakbola, pas mau tidur yang diingatkan lagi-lagi siaran langsung sepakbola.

Semua dilakukan dengan penuh antusias dan semangat.

Sama halnya dengan bangun malam untuk dinas keluar kota. Ingatan ini memang sudah diprogram terus sepanjang hari biar nanti malam tidak bangun kesiangan.

Wow tips menarik dari Pak Ustadz diatas bisa dicoba ya.

Dan tentu saja para sahabat sekalian, hendaknya selalu ingat akan kebesaran Allah. Bahwa semua perkara yang terjadi ada karena ketetapan Allah.

Bila Anda melakukan tips diatas lalu berhasil bisa bangun dan beribadah tengah malam itu sudah ketetapan. Anda lakukan tips diatas, tetapi belum bisa bangun juga itu sudah ketetapan. Anda tidak melakukannya pun sudah ketetapan.

Mau mengenal dan belajar dengan Pak Ustadz lebih dalam? Silahkan berkunjunglah ke yamasindonesia.org

Semoga Allah selalu memberikan ridhoiNya.

Photo credit: Melfoody at flicr

*) Arif Billah Hj.Hussein BA Latiff

2 thoughts on “Tips Mudah Untuk Bisa Bangun Malam

  1. Assalamu’alaikum Papa adin terima kasih artikel2 nya Sangat bermanfaat utk saya. Apa kah bisa d share lewat whatapps Saya bole minta no pin bbm? Trimakasih

    Terkirim dari Samsung Mobile

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s