4 Hal Penting Agar Waktu Anda Lebih Berkualitas : Nasehat Imam Ghazali

time flies

Apakah Anda sudah memiliki kemampuan untuk memanajemen waktu dengan baik? Mengatur waktu Anda dalam sehari yang cuma 24 jam itu untuk bisa lebih produktif?

Banyak kok tips-tips perihal bagaimana memanajemen waktu dengan baik, sumber salah satunya bisa didapatkan dari internet. Anda tinggal masukkan kata kunci manajemen waktu (time management), lalu akan munculah tips-tips perihal bagaimana memanajemen atau mengatur waktu dengan baik.

Mulai dari tips manajemen waktu yang sederhana, hanya sekedar membuat catatan perihal apa saja yang harus Anda lakukan sampai tips yang lebih detail dengan daftar tabel dan skala prioritas bisa Anda dapatkan.

Cara dan alat yang bisa Anda untuk memanajemen waktupun sekarang sudah banyak, dulu Anda hanya bisa membuat catatan dengan tulis tangan saja, tetapi sekarang beragam aplikasi gratis bisa Anda dapat dan gunakan untuk mengelola waktu Anda dengan lebih baik.

Dan, semua tips-tips tersebut hampir sama dan seragam memberikan penjelasan perihal bagaimana Anda menyusun kegiatan, bagaimana menyusun skala prioritas, dan bagaimana menyikapi dengan sikap tegas (untuk tidak menunda kerja dan mampu mengatasi gangguan).

Tips-tips tersebut agak terstruktur meskipun masih menyediakan ruang agar lebih fleksibel menyesuaikan rutinitas harian Anda.

Oleh karena itu, banyak orang bilang bahwa manajemen waktu adalah seni. Tidak melulu Anda hidup dengan tekanan kerja dan rutinitas yang sama dalam setiap hari karena itu dibuatlah lebih fleksibel.

Ya boleh-boleh saja karena peranan dan jalan cerita kehidupan setiap orang pastilah berbeda-beda.

Seorang pejabat tentu lain gayanya dibandingkan dengan seorang pengusaha perihal bagaimana dia mengelola waktunya. Seorang pengusaha juga tentu berbeda pendekatannya dalam mengelola waktu dibandingkan dengan seorang karyawan. Bahkan untuk seorang karyawan pun akan berbeda-beda cara mengelola waktunya bila dibandingkan dengan karyawan-karyawan lainnya.

Lalu bagaimana dengan ibu rumah tangga, pelajar, atau pendidik? Apakah mereka perlu untuk mengelola waktu juga? Semua jawaban tentunya akan kembali pada pribadi masing-masing.

Silahkan, sudah banyak tips-tips yang bisa Anda pelajari.

Yang menjadi persoalan saat ini adalah bahwa tips-tips manajemen waktu hampir semuanya berbicara masalah teknisnya saja, belum memberikan dasar perihal aktivitas apa saja yang seharusnya Anda lakukan dalam mengelola waktu.

Oleh karena itu, patutlah Anda juga menyimak 4 hal berikut yang seharusnya diperhatikan dalam memanajemen waktu agar lebih berkualitas dan semoga barakah *), sebagai berikut:

1. Cari ilmu yang bermanfaat (Useful knowledge)

Jalan terbaik untuk memanfaat waktu adalah untuk selalu mencari Ilmu yang bermanfaat, yakni ilmu yang bisa meningkatkan kedekatan pada Tuhan, mengurangi ketamakan dunia dan meningkatkan keutamaan bekal di kehidupan akhirat. Raihlah ilmu itu lalu amalkan.

2. Isilah dengan Ibadah (Worship)

Jalan kedua untuk memanfaatkan waktu adalah dengan menyibukkan diri dalam berbagai jenis aktivitas kesalehan (ibadah), seperti selalu ingat Tuhan, membaca Quran, sholat, berdoa dan berbagai bentuk pemuliaan pada Tuhan.

3. Lakukan hal baik (Good works)

Jalan ketiga untuk memanfaat waktu dengan cara terbaik adalah dengan kesibukan bermanfaat dan menghasilkan kebahagiaan dalam benak orang lain, atau yang bisa memfasiliasi tindakan baik untuk orang lain seperti:
a. membantu para alim ulama,
b. membantu dan memberikan makan orang miskin,
c. mengunjungi orang sakit dan aktivitas lainnya.

4. Kebutuhan & jaga Agama (Earning a living & protecting your religion)

Jalan keempat untuk memanfaat waktu dengan baik bila Anda belum bisa melakukan 3 aktivitas diatas tadi, sibuklah untuk memenuhi kebutuhan hidup bagi diri sendiri atau keluarga Anda dengan cara sedemikian rupa sehingga:
1. tidak ada orang yang akan menderita kerugian apapun dari Anda atau tidak tersakiti oleh lidah dan tangan Anda,
2. jaga agama dan hindari perbuatan tercela.

Itulah empat nasehat indah dari Imam Al Ghazali perihal bagaimana Anda mengatur waktu Anda dari pagi hingga menjelang sore hari. Nasehat yang sangat berguna sehingga kita semua bisa mengisi waktu dengan hal-hal yang baik.

Ada yang hilang mungkin dari manajemen waktu sekarang ini dimana kita mungkin sibuk saja pada nomor 4, yang itupun terkadang melupakan pertanyaan apakah ada orang lain yang menderita kerugian karenanya?

Satu lagi tambahan yang manis dari Imam Ghazali adalah nasehatnya agar Anda juga bisa meluangkan waktu untuk keluarga.

Semoga berkenan dan menambah wawasan kita bersama.

*) Terjemahan bebas dari buku berbahasa Inggris “Al Ghazali on Islamic Guidance by Muhammad Abul Quasemsub bab: Most Excellent Processes of Passing the Time 

Photo credit: Cam Evans at Flicr

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s