Atasi Cemas Ketemu Orang (Situasi) Baru Dengan “Mind Scripts”

image via pixabay

image via pixabay

Bagi beberapa orang, kecemasan akan selalu hadir saat harus menghadapi orang (situasi) yang baru.

Contohnya, saat wawancara kerja.

Bagaimana perasaan Anda saat itu?

Dari mulai dag-dig-dug risau memikirkan bagaimana bentuk pertanyaan yang akan diajukan, sampai memikirkan kira-kira si pewancara akan seperti apa bisa menimbulkan kecemasan bukan?

Pengalaman saya sendiri juga seperti itu.

Tidak saja saat harus wawancara kerja, perasaan tidak tenang juga kerapkali muncul di saat mana saya harus bertemu dengan orang (situasi) baru.

Padahal banyak tips yang bisa digunakan, tetapi kerapkali pikiran ini hanya sibuk untuk menenangkan diri. Sibuk berusaha mensugesti diri agar tidak cemas dan kuatir.

Padahal semakin keras usaha untuk menenangkan diri, justru semakin tinggi kadar kecemasan yang dirasakan…hehehe

Teknik Mind Scripts

image via flicr

image via flicr

Ada tips bagus dari Pak Ian Rowland yang layak untuk dicoba bila Anda cemas harus bertemu dengan orang (situasi) baru.

Pak Ian Rowland adalah seorang ahli Cold Reading, yakni seseorang yang memiliki ketrampilan untuk membaca pikiran orang lain (tentunya dengan teknik-teknik yang bisa dipelajari dan bukan magic lho ya)

Di suatu video percakapan, beliau memperkenalkan teknik yang diistilahkan sebagai teknik mind scripts untuk mengatasi risau saat harus melakukan job interview.

Kayaknya, tips beliau tersebut bisa digunakan tidak hanya untuk situasi job interview saja.

Anda juga bisa mencobanya untuk mengatasi kecemasan saat Anda akan bertemu dengan orang lain atau situasi baru.

Teknik mind scripts terdiri dari 3 pernyataan, yakni: 1.pernyataan perihal diri Anda, 2.pernyataan perihal orang lain, dan 3.pernyataan perihal situasi atau konteks peristiwa yang Anda hadapi.

Namanya juga mind scripts, Anda membuat pernyataan perihal diri Anda, orang lain dan situasi dalam kalimat yang positif.

Contoh, saat Anda mau melakukan wawancara kerja, maka:

#1. Pernyataan tentang diri Anda adalah:

“Saya kandidat yang baik untuk pekerjaan ini”

#2. Pernyataan tentang orang lain (dalam hal ini si pewawancara) adalah:

“Dia orang yang bijak untuk diajak bicara dan mendengarkan”

#3. Pernyataan tentang situasi adalah:

“Ini akan menjadi wawancara kerja yang menyenangkan”

Atau, saat Anda akan bertemu dengan orang lain yang belum Anda kenal, maka mind scripts Anda bisa seperti ini:

#1. Pernyataan tentang diri Anda:

“Saya senang bertemu dengannya”

#2. Pernyataan tentang orang lain:

“Dia orang yang asyik untuk bicara dengan saya”

#3. Pernyataan tentang situasi:

“Situasi akan sangat menyenangkan”

Maka, buatlah mind scripts sesuai dengan konteks peristiwa yang akan Anda hadapi dengan bahasa dan gaya Anda sendiri.

Jangan lupa bahwa Anda harus membuat 3 penyataan perihal Anda, orang lain dan situasi.

Jangan hanya pernyataan perihal Anda saja, tetapi orang lain dan situasi juga harus.

Ini yang powerful dan membedakan dengan tips-tips lainnya.

Lalu, ucapkan pernyataan tersebut 10 menit, 5 menit dan sampai beberapa detik sebelum Anda memulai wawancara atau bertemu orang baru, agar Anda secara otomatis bisa menghadapi situasi dengan lebih santai.

Bahkan Anda pun bisa melakukannya ketika wawancara kerja tengah berlangsung untuk menjaga pikiran fokus, tidak lari kemana-mana.

Nah, kenapa mind scripts baik untuk dilakukan?

Menurut pak Ian, pada dasarnya tidak ada seorang pun yang bisa mensinkronisasikan kata-kata, ekspresi, dan bahasa tubuh secara sadar.

Makanya tidak aneh, bila Anda merasa sudah hapal tips-tips wawancara diluar kepala, tetapi saat tiba hari “H” buyar semua tips-tips tersebut.

Bila Anda berusaha untuk mengendalikan kata-kata, ekpresi, dan bahasa tubuh Anda dengan cara sadar biasanya malah akan gagal begitu kata pak Ian.

Namun, bila Anda melakukan teknik mind scripts diatas, secara otomatis dan tanpa sadar Anda akan mampu mensikronkan kata-kata, ekspresi dan bahasa tubuh Anda itu.

Anda menjadi fokus dan relaks.

Cukup lakukan mind scripts dalam hati saja, tidak perlu diucapkan keras-keras ya.

Hehehe…, awalnya saya mengira kalau tips ini harus ditulis, diucapkan dan dibaca keras-keras begitu.

Ternyata cukup di pikiran saja.

Masuk diakal juga si penjelasan dari pak Ian, daripada berusaha menenangkan diri lebih baik Anda melakukan mind scripts.

Bersikap positif terhadap Anda sendiri, orang lain dan situasi tentunya baik untuk dilakukan.

Wawancara dengan pak Ian Rowland bisa Anda saksikan di video berikut ini, (perhatikan mulai menit 2:44)

Berdoa Juga Perlu Kali ya…

Tips dari pak Ian rasanya belum lengkap bila tanpa diliputi kesadaran penuh bahwa semua yang terjadi itu tentunya selalu berada dalam pengurusan Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk sahabat muslim, tentunya ada doa yang baik seperti yang dicontohkan oleh Nabi Musa berikut ini:

“Musa berkata: Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)”

Jadi, mind scripts-nya akan sangat baik kalau kita selalu ingat bahwa semua itu bisa terjadi, “…bila Allah Menghendaki, Insha Allah…”, sehingga kita selalu meminta untuk diberikan kemudahan.

Oke, dapat ilmu baru lagi ni. Semoga semakin menambah wawasan kita bersama ya.

4 thoughts on “Atasi Cemas Ketemu Orang (Situasi) Baru Dengan “Mind Scripts”

  1. Terimakasih Pak Deden, artikelnya bermanfaat sekali nih. Memang otak kita ini sangat luarbiasa fleksibelnya ya pak, tergantung kita yang gunainnya. Tapi kenapa ya, seperti yang diceritakan bapak, semakin kita mensugesti diri untuk tetap tenang ketika cemas hasilnya malah semakin dag dig dug ser ya pak? Padahal teknik mindscript itu juga kayak sugesti diri kan?

    • Sama-sama mas Hafidzun. Hehehe… menjawab pertanyaan kenapa semakin kita sugesti untuk tenang kok malah jadi cemas, saya belum temukan jawabnya. Insha Allah nanti di jadikan bahan tulisan bila ketemu ya.

Komentar Anda disini sangat Berarti

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s